√ Ukuran Garasi Mobil Paling Ideal Untuk Semua Jenis Mobil 2020

Ukuran Garasi Mobil – Memiliki mobil pribadi sebagai media transportasi saat bepergian memang menjadi keinginan semua orang. Akan tetapi ketika sudah memilikinya, tidak jarang mereka justru bingung akan meletakan mobil tersebut di mana.

Hal ini lantaran mereka tidak mempertimbangkan garasi mobil sebagai bagian penting ketika memiliki sebuah mobil. Untuk itu, jika saat ini kalian ingin membeli mobil, maka pertimbangkan dulu untuk membuat garasi mobil dirumah agar tidak parkir sembarangan.

Membuat garasi untuk mobil pribadi pun tidak boleh asal membuat. Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, terutama ukuran garasi mobil. Karena tidak sedikit para pemilik mobil justru bingung saat menentukan seberapa luas ukuran garasi mobil ideal di rumah.

Dengan membuat garasi sesuai dengan ukuran mobil, tentu saja akan membuat kendaraan akan dapat tersimpan dengan aman. Jika saat ini kalian sedang mencari tips cara membuat ukuran garasi mobil paling ideal, sepertinya tepat sekali berada di artikel terbaru otoflik.com ini.

Ukuran Garasi Mobil Paling Ideal Semua Jenis Mobil

Ukuran Garasi Mobil Paling Ideal Untuk Semua Jenis Mobil

Pasalnya sesuai dengan judul yang kami tulis diatas. Dikesempatan kali ini otoflik akan membangikan beberapa informasi mengenai ukuran garasi mobil paling tepat dan ideal yang harus disediakan dirumah. Mulai dari ukuran garasi 1 mobil, ukuran garasi 2 mobil serta rumus ukuran garasi dan juga tips membuat serta pertimbangan apa saja yang harus ada.

Pertimbangan Membuat Garasi

Pertimbangan Membuat Garasi

Memiliki garasi mobil pribadi merupakan sebuah hal pokok bagi para pemilik mobil. Pasalnya dengan memiliki garasi, keamanan mobil akan terjaga dengan baik. Dan pastinya tidak akan menggangu pengguna jalan lain karena tidak parkir mobil sembarangan di ruas jalan.

Oleh karena itu apabila kalian memiliki mobil pribadi seperti Avanza, Agya, Karimun, atau jenis mobil lainnya ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan saat ingin membuat garasi mobil ideal. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pastinya ukuran mobil dari lebar mobil, tinggi mobil serta dimensi mobil.
  • Kemudian pastikan juga di dalam garasi terdapat ventilasi udara.
  • Lalu penggunaan lantai garasi yang tepat.
  • Gunakan model pintu garasi yang tepat agar mempermudah kalian saat ingin memasukan dan mengeluarkan mobil.
  • Pastikan sediakan ruangan yang cukup untuk menyimpan spare part dan kebutuhan mobil lainnya.

Ukuran Mobil

Dengan mempertimbangkan beberapa hal diatas, tentu saja akan ada manfaat yang bisa didapat. Salah satu diantaranya adalah kemudahan ketika ingin melakukan renovasi rumah.

READ  Sistem Kemudi Mobil : Jenis, Fungsi dan Komponen 2020

Untuk itu seperti kami sampaikan diatas, saat ingin membuat garasi mobil. Pastikan kalian paham dengan ukuran mobil. Berikut kami gambarkan ukuran mobil secara umum dan sesuai dengan jenis mobil.

Ukuran Umum Mobil

Ukuran Mobil Umum

Tipe MobilUkuran
Mobil Kecil dan SportPanjang : 4.3 – 4.9 meter
Lebar : 1.5 – 1.8 meter
Tinggi : 1.2 – 1.5 meter
Mobil Besar dan MewahPanjang : 4.9 – 5.5 meter
Lebar : 1.8 – 1.9 meter
Tinggi : 1.4 – 1.5 meter
Mobil Van dan SUVPanjang : 4.9 – 5.8 meter
Lebar : 1.8 – 2.1 meter
Tinggi : 1.5 – 1.8 meter

Ukuran Mobil Sesuai Jenis

Ukuran Mobil Sesuai Jenis

Jenis MobilUkuran
Yaris, Honda Jazz, Avanza, Xenia, dan ErtigaPanjang : 5.3 meter
Lebar : 2.7 meter
Tinggi : 2.7 meter
Terios dan RushPanjang : 5.5 meter
Lebar : 2.8 meter
Tinggi : 2.8 meter
Nissan Grand Livina dan Kijang LGXPanjang : 5.5 meter
Lebar : 2.7 meter
Tinggi : 2.6 meter (Grand Livina) & 2.8 meter (Kijang LGX)
InnovaPanjang : 5.6 meter
Lebar : 2.8 meter
Tinggi : 2.8 meter

Berapa Ukuran Garasi Mobil Ideal?

Setelah kalian mengetahui berapa ukuran mobil secara umum dan juga sesuai dengan tipe serta jenisnya seperti kami sampaikan diatas. Lantas berapa sih ukuran garasi mobil paling ideal? Untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Ukuran Garasi Satu Mobil

Ukuran Garasi Satu Mobil

Jika kalian hanya membutuhkan garasi untuk menampung satu mobil. Maka ada baiknya buat garasi dengan ukuran lebih besar dari ukuran mobil yang kalian miliki.

Sebagai contoh jika kalian memiliki mobil LCGC seperti Toyota Agya, Toyota Yaris, Honda Brio atau Daihatsu Sigra. Maka sebaiknya buat garasi mobil dengan ukuran 2.4 x 4.8 meter.

Namun jika mobil kalian termasuk mobiul berukuran besar, seperti Toyota Fortuner, Toyota Innova, dan Honda Mobilio. Ada baiknya buatlah ukuran garasi 1 mobil dengan dimensi 3 x 5.5 meter atau 3 x 6 meter dengan tinggi sekitar 2.8 sampai 3 meter.

Ukuran Garasi Dua Mobil

Ukuran Garasi Dua Mobil

Lalu berapa ukuran garasi mobil yang tepat untuk menampung dua mobil sekaligus? ini juga menjadi pertanyaan yang sering kami dapati dari para pembaca setia otoflik. Kalian tidak perlu binging mengenai hal tersebut.

Karena ukuran garasi untuk 2 mobil sebenarnya tidak jauh dari ukuran garasi 1 mobil. Namun ketika membuatnya, kalian harus menambah jarak lebar sekitar 80 cm sampai 1 meter untuk membuat mobil lebih leluasa dan tidak saling senggol.

Secara umum, ukuran garasi dengan 2 mobil paling ideal dapat kalian buat dengan bentuk persegi empat. Dengan panjang dan lebar yang dibuat secara sama yakni antara 6 meter hingga 6.5 meter.

Rumus Ukuran Garasi Mobil Ideal

Rumus Ukuran Garasi Ideal

Untuk lebih mempermudah kalian ketika ingin membuat sebuah garasi mobil dirumah. Setelah otoflik sebutkan secara rinci ukuran mobil dan juga ukuran garasi untuk satu dan dua mobil. Berikut ini kami berikan rumus menentukan ukuran garasi mobil paling ideal.

  • Panjang Garasi : Untuk panjang garasi, sebaiknya tambahkan 100 cm – 120 cm dari lebar panjang mobil kalian. Tujuannya untuk membuat mobil dan pintu garasi memiliki jarak yang longgar.
  • Lebar Garasi : Sama seperti panjang garasi diatas, untuk sisi lebar juga perlu kalian tambah sekitar 100 cm untuk garasi 1 mobil dan sekitar 200 cm untuk garasi dua mobil. Tujuannya untuk membuat ruang antar mobil satu dengan lainnya serta ruang antar mobil dan dinding terasa leluasa.
  • Tinggi Garasi : Untuk tinggi garasi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Namun pastikan membuatnya dengan ukuran yang lebih tinggi dari mobil. Atau untuk lebih baiknya lagi, silahkan tambah tinggi garasi sekitar 100 – 120 cm untuk membuat ruangan lebih longgar.
READ  15 Perbedaan Avanza dan Xenia Yang Belum Banyak Diketahui

Tips Membuat Garasi Mobil Ideal

Apabila sudah paham serta jelas tentang ukuran garasi mobil ideal untuk satu dan dua mobil seperti diatas kami sampaikan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan ketika ingin membuat garasi mobil.

1. Sesuaikan dengan Dimensi Mobil

Sesuaikan dengan Dimensi Mobil

Pertama seperti kami terangkan diatas, pastikan membuat garasi mobil dengan melihat ukuran mobil atau dimensi mobil yang atau akan dimiliki. Karena membuat garasi mobil tanpa memperhitungan dimensi mobil tentu akan membuat garasi memiliki hasil yang kurang memuaskan.

2. Sebaiknya Pasang Pembatas

Pasang Pembatas

Membuat garasi mobil dirumah juga perlu memasang pembatas yang tentunya telah kalian sesuaikan dengan panjang moncong mobil. Hal ini bertujuan agar mobil tidak akan menabrak atau menyenggol dinding garasi saat parkir. Sebaiknya gunakan pembatas dengan tinggi sekitar 10 cm.

3. Gunakan Jenis Lantai Khusus Garasi

Pakai Jenis Lantai Khusus

Membuat garasi mobil juga perlu mempertimbangkan penggunaan jenis lantai. Karena tidak semua jenis lantai terutama keramik bisa digunakan untuk dijadikan sebagai alas atau lantai garasi.

Jika ingin memberi lantai, sebaiknya gunakan atau pilih jenis lantasi dengan ukuran pori-pori yang kecil, seperti geranit ataupun keramik. Dan sebisa mungkin pilih permukaan lantai yang bertekstur kasar.

4. Tentukan Desain

Tentukan Desain Garasi

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk membuat garasi yang ideal adalah penentuan desain. Yang dimana desain garasi yang ideal tentunya seperti yang kami sampaikan diatas.

Dimana garasi mobil harus dilengkapi dengan beberapa unsur seperti ventilasi udara, penggunana lantai yang tepat, serta menggunakan model pintu yang awet dan mudah di operasikan.

Itulah kiranya beberapa tips yang dapat otoflik.com sampaikan untuk keperluan pembuatan garasi mobil yang baik. Serta beberapa informasi mengenai ukuran garasi mobil paling ideal untuk desain 1 mobil dan dua mobil. Silahkan pelajari tips diatas apabila saat ini flikermania ingin membuat sebuah garasi mobil dirumah.

Tags: , , ,