√ Ukuran Parkir Motor Ideal : Ketentuan, Kriteria dan Jenis

Ukuran Parkir Motor – Sedang berencana membangun sebuah perkantoran, pertokoan atau pusat kuliner? tentu ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan. Salah satu di antaranya adalah lahan parkir bagi para pengunjung baik untuk pengguna sepeda motor ataupun pengguna kendaraan roda empat alias mobil.

Advertisements

Dengan kalian memikirnya lahan atau area parkir tersebut, itu artinya kenyamanan para pengunjung sudah dipikirkan sejak awal. Dengan begitu bisa dipastikan kedepannya rasa nyaman dan aman tentu akan bisa diperoleh para pelanggan atau pengunjung ketika mendatangi lokasi tersebut.

Namun perlu diingat bahwa pembuatan lahan parkir kendaraan terutama sepeda motor tentu harus mengikuti kriteria dan juga ukuran ideal. Karena tidak sedikit masyarakat yang membuat lahan parkir motor tanpa memperhatikan ukuran ideal sehingga membuat penempatan motor terasa tidak beraturan.

Advertisements

Nah bicara kriteria serta ukuran parkiran motor ideal, kalian tidak perlu merasa khawatir akan hal tersebut. Karena seperti di atas kami tulis. Lewat kesempatan ini otoflik.com akan membagikan informasi terkait ketentuan, kriteria, jenis dan ukuran parkir motor paling ideal.

Ukuran Parkir Motor Paling Ideal dan Terlengkap

Mengetahui ukuran parkiran motor ideal untuk desain miring ataupun tingkat memang sudah menjadi bagian dari hal yang perlu kita perhatikan. Karena tidak berbeda jauh dengan UKURAN GARASI MOBIL, jika ukuran parkir motor dibuat  sembarangan, selain tidak akan nyaman di pandang, penempatan motor pun akan membingungkan.

Ketentuan Ukuran Parkir Motor

Ketentuan Ukuran Parkir Motor

Ketentuan ukuran parkir sepeda motor memang bisa dikategorikan cukup simple. Karena dalam penerapannya, ukuran parkir motor hanya ditentukan dari dua macam metode yang akan dipakai. Dan kedua hal tersebut akan mengacu pada dua hal penting  yakni kepemilikan motor / akumulasi parkir maksimum.

1. Kepemilikan Motor

Ketika mengacu pada ketentuan ini, maka bisa dipastikan bahwa jumlah kendaraan yang akan berada di lokasi parkir ini tidak akan bertambah. Sebab jika kepemilikan motor akan bertambah, maka perhitungan ukuran parkir motor pun akan jauh lebih memakan area.

2. Akumulasi Parkir Maksimum

Sementara jika mengacu pada akumulasi parkir maksimum, maka hal ini akan selalu membutuhkan perhitungan matang terkait ukuran parkir motor yang akan dibuat dengan melihat jumlah atau akumulasi parkir terbesar dalam waktu tertentu.

READ  7 Ciri Ciri Klep Mobil Bocor dari Penyebab & Cara Mengatasi

Dan bila menggunakan metode ini, maka akan ada banyak tempat parkir kosong di jam-jam tertentu. Terutama di jam senggang dan di hari-hari normal serta selama masuk hari serta jam sibuk kerja.

Kriteria Ukuran Parkir Motor

Kriteria Ukuran Parkir Motor

Setelah mengetahui ketentuan dalam pembuatan lahan parkir dengan mempertimbangkan ukuran dan kebutuhan seperti di atas kami sampaikan. Hal berikutnya yang juga perlu untuk kalian pahami saat ingin membuat sebuah tempat parkiran motor yakni kriteria ukuran seperti pada penjelasan berikut ini.

  1. Sebaiknya pembuatan lahan parkir sepeda motor dilakukan pada lahan dengan permukaan datar. Tujuannya agar motor tidak akan terguling atau tetap bisa berdiri tegak.
  2. Apabila tempat parkir tersebut dibuat dengan bangunan sebagai tempat kegiatan seperti perkantoran, pertokoan atau lainnya sebaiknya letakan area parkir di tempat yang tidak terlalu jauh dari lokasi utama.
  3. Pastikan pula jalur masuk dan jalur keluar ke area parkir dibuat dengan sejelas-jelasnya agar tidak ada kekeliruan.

Dari ketiga hal di atas tentunya semua hal tersebut akan membuat rasa nyaman dan juga aman saat menggunakan area parkir motor bisa dirasakan para pengguna. Namun selain melihat dari kriteria tersebut, ternyata pembuatan lahan parkir motor juga bisa dilihat dari sudut pandang desain yang akan digunakan.

Advertisements

Apabila itu menjadi perhatian utama agar tempat parkir dapat dirasa nyaman dan aman, maka berikut beberapa kriteria tempat parkir jika melihat dari sisi desain.

  • Selalu memperhatikan kapan lokasi parkir ini akan digunakan, apakah hanya untuk aktivitas tertentu atau untuk waktu terus menerus.
  • Usahakan berikan pencahayaan dan penerangan yang maksimal ketika masuk malam hari.
  • Berikan fasilitas untuk area parkir yang teduh agar motor tidak terkena langsung sinar matahari di siang hari.
  • Pastikan membuat ruang parkir motor dengan mempertimbangkan ukuran dari setiap jenis dan tipe motor sehingga pas dan nyaman.

Itu dia beberapa kriteria ukuran parkir motor yang bisa dilihat dari beberapa kategori baik dari sisi kenyamanan dan keamanan serta desain lokasi parkir tersebut. Lantas berapa sih ukuran lahan parkir sepeda motor paling ideal dengan bentuk miring atau tingkat?.

READ  80 Ukuran Spuyer Karburator Motor Standar Untuk Semua Tipe 2021

Ukuran Parkir Motor Paling Ideal

Ukuran Parkir Motor Paling Ideal

Nah buat kalian yang saat ini sedang berencana membuat lahan parkir untuk kendaraan roda dua atau motor. Maka pastikan tahu dengan betul spesifikasi ukuran parkiran motor paling ideal. Nah buat kalian yang belum mengetahuinya, berikut adalah detail ukuran yang bisa kalian jadikan acuan.

Tipe Sepeda MotorPanjang IdealLebar Ideal
Sepeda Motor Standar2 m90 cm
Sepeda Motor Besar2.5 m1.05 m
Sepeda Motor Roda 32.5 m1.05 m
Bentor (Becak Motor)2 m90 cm

Jenis-Jenis Lahan Parkir Motor

Tipe serta Jenis Lahan Parkir

Setelah mengetahui secara pasti ukuran parkir motor seperti pada tabel ukuran di atas. Hal berikutnya yang harus kalian pahami dan ketahui di saat ingin membuat lahan parkir sepeda motor yakni jenis – jenis lahan parkir yang dapat digunakan. Apa saja kiranya itu, berikut otoflik.com jelaskan dibawah ini.

1. On Street Parking

Selain mengetahui ukuran ideal pembuatan sebuah lahan parkir motor baik itu miring atau tingkat seperti di atas kami sampaikan. Kalian juga perlu memikirkan jenis lahan parkir sesuai dengan ukurannya. Dan jenis pertama yang bisa dipakai yakni On Street Parking.

Sesuai namanya, jenis ini merupakan jenis lokasi parkir yang dibuat di tepi jalan. Namun kami sarankan jangan membuat parkiran motor ini ketika kalian memiliki lahan luas. Sebab akan dapat menimbulkan masalah terutama masalah macet.

2. Off Street Parking

Selain lahan parking On Street Parking, jenis lain yang dapat kalian pakai adalah Off Street Parking. Jenis lahan parkir motor ini merupakan yang paling kami rekomendasikan. Sebab sesuai dengan namanya, jenis ini tidak akan mengganggu perjalanan orang lain.

Sebab dalam pembuatannya  lahan parkir off street parking ini dibuat menggunakan gedung atau memang sudah disediakan lahan khusus jauh dari jalan raya. Selain memberi kenyamanan kepada para pengguna jalan lainnya, pembuatan off street parking juga memungkinkan daya tampung bisa lebih banyak.

Akhir Kata

Nah kiranya sekian dulu informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan dan jelaskan terkait ukuran parkir motor ideal lengkap dengan kriteria, jenis lahan parkir dan juga ketentuan ukuran parkiran motor. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi menarik untuk bisa kalian jadikan sebagai acuan saat ingin membuat lahan parkir sepeda motor.

Advertisements

Tags: ,