10 Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil Paling Mudah 2020

Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil – Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang mungkin akan selalu dibasmi. Pasalnya tikus menjadi hewan yang cukup mengganggu bagi kebanyakan orang dan bahkan merupakan salah satu binatang yang dianggap bisa membawa bibit penyakit. Tikus juga seringkali meninggalkan kotoran yang begitu menyengat.

Dalam hidupnya tikus selalu bersembunyi di tempat-tempat yang dianggap nyaman. Bahkan kerap pula tinggal ditempat-tempat kotor seperti tumpukan sampah atau di atap rumah. Bahkan sekarang ini tikus juga kerap bersembunyi di ruang mesin mobil yang membuat para pemilik bisa mendapatkan masalah karena tikus bisa saja menggerogoti kabel mesin.

Apabila hal itu terjadi, tentu saja akan ada sistem pada kinerja mobil yang tentu akan terganggu. Dan membuat kalian harus membawa mobil tersebut ke bengkel. Oleh karena itu untuk menjaga hal tersebut tidak terjadi pada mobil kalian dirumah, berikut ini akan otoflik.com rangkumkan beberapa tips cara mengusir tikus di mesin mobil yang bisa bilang cukup efektif.

Dari beberapa tips yang akan kami sampaika, hampir rata-rata merupakan cara yang begitu mudah untuk bisa kalian lakukan. Disamping itu, dengan menggunakan beberapa tips yang akan kami bagikan dibawah ini, kalian juga tidak perlu mengeluarkan budget yang besar karena memang cara-cara mengusir tikus di mesin mobil ini menggunakan bahan-bahan sekitar.

Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil Paling Mudah

Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil

Bagi flikermania yang mungkin saat ini tengah mengalami hal seperti diatas yaitu ruang mesin mobil kerap dijadikan sarang tikus. Ada baiknya lakukan beberapa tips cara mengusir tikus di mesin mobil yang akan kami rangkum dibawah ini.

1. Menutup Akses Masuk

Meletakan mobil di garasi rumah memang sudah menjadi hal yang wajar. Namun jika ternyata hal tersebut tetap membuat tikus bisa masuk kedalam ruang kap mesin. Maka salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah menutup akses masuk tikus.

Jika ruang garasi sudah tertutup namun masih ada saja tikus yang bisa masuk, saran otoflik.com segera cari celah yang bisa membuat tikus masuk kedalam garasi dan segera menutupnya. Namun jika garasi mobil dibuat terbuka, kalian bisa coba dengan menaburkan kapur barus di dekat ban mobil.

READ  17 Cara Melacak Plat Nomor Motor Tanpa ke Kantor Samsat

2. Menjaga Kebersihan Ruang Mesin

Sebagai pemilik mobil, salah satu hal yang wajib untuk selalu dilakukan adalah menjaga kebersihan mobil. Dalam hal ini kalian juga perlu melakukan pembesihan pada bagian ruang mesin mobil dengan cara selalu mengeceknya.

Pastikan bahwa pada bagian ini tidak ada sisa makanan atau kotoran yang menempel. Pasalnya jika tidak segera dibersihkan, hal ini dapat dengan mudah mengundang kedatangan tikus untuk bersarang di ruang mesin. Hal ini disebabkan karena tikus senang dengan kondisi lingkunan yang kotor.

3. Selalu Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Selalu Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Cara mengusir tikus di ruang mesin yang menurut kami cukup mudah adalah dengan rutin memanaskan mesin mobil kalian. Terlebih bagi mobil yang memang jarang sekali digunakan tentunya hal ini perlu untuk kalian lakukan setiap hari.

Dalam memanaskan mobil pun tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, kalian cukup memanaskan mesin mobil selama 3 sampai 5 menit. Dengan begitu mesin mobil akan tetap hangat dan membuat tikus tidak akan bersarang didalam ruang mesin.

4. Memasang Lampu LED Low Voltage

Seperti yang kita semua ketahui, tikus merupakan hewan yang bisa dibilang tidak suka dengan adanya cahaya. Maka dari itu salah satu cara mudah untuk mengusir tikus dari mesin mobil yaitu dengan menambahkan lampu LED.

Namun perlu diperhatikan, ketika kalian menggunakan cara ini, ada baiknya gunakan lampu LED yang memiliki low voltage agar tidak membuat aki mobil soak. Sehingga ketika malam hari lampu tersebut dapat di nyalakan sebagai upaya untuk mengusir tikus dari mesin mobil kalian.

5. Pasang Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

Tips cara mengusir tikus di mesin mobil yang selanjutnya dapat kalian lakukan dengan memasang alat penghasil suara ultrasonik berfrekuensi rendah. Yang dimana alat tersebut kalian tempatkan disekitar area mobil yang kalian miliki.

Dengan alat tersebut tentu saja tikus tidak akan bisa dengan mudah mendekati mobil. Karena pada dasarnya tikus merupakan hewat yang tidak menyukai suara berfrekuensi tinggi karena dapat mengganggu pendengarannya.

6. Beri Aroma Tidak Sedap

Hampir sama mudahnya dengan cara menghilangkan embun di kaca mobil, cara mengusir tikus di mesin mobil yang satu ini juga bisa dikatakan cukup mudah dan simple. Dimana kalian hanya perlu memberikan aroma-aroma yang tidak sedap pada sekitar mobil.

Dalam hal ini tikus tidak suka dengan beberapa bebauan seperti halnya aroma peppermint, rambut kucing, rambut anjing, ataupun aroma-aroma lainnya. Untuk mendapatkannya kalian bisa membelinya dengan mudah karena banyak dijual di toko pembasmi hama.

READ  8 Cara Menghilangkan Karat di Knalpot Motor Mudah & Cepat

7. Gunakan Mengkudu

Bagi kalian yang belum tahu, ternyata buah mengkudu juga bisa kita manfaatkan untuk mengusir tikus. Dengan begitu salah satu cara paling mudah untuk mengusir tikus dari ruang kap mesin mobil yaitu dengan memanfaatkanya.

Cari buah mengkudu dan silahkan kalian potong seperti dadu dan letakan potongan tersebut dalam sebuah wadah kemudian letakan di bagian atau area yang sering dilakui oleh tikus atau disekitar mobil. Dengan begitu tikus pun akan enggan mendekat bahkan masuk kedalam ruang mesin mobil.

8. Cairan Pengusir Tikus

Cairan Pengusir Tikus

Kalian juga bisa memanfaatkan cairan pengusir tikus untuk membuat tikus tidak bersarang di dalam ruang mesin mobil. Cairan ini pun dapat kalian temukan dengan mudah di beberapa toko pembasmi hama. Untuk menggunakannya pun cukup mudah.

Kalian dapat menyemprotkan cairan tersebut dengan menggunakan semprotan atau sprayer. Namun cara ini tidak akan membuat cairan bertahan lama karena ketika mesin mobil hidup akan membuanya menguap karena panas.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat memanfaatkan kain kering kemudian semprotkan cairan pengusir tikus ke kain tersebut sampai basah lalu tempatkan kain tersebut disekitar mesin mobil dengan cara diikat. Ada baiknya gunakan cara ini apabila mobil memang jarang digunakan.

9. Bersihkan Bekas Tikus

Hampir sama seperti hama lainnya, tikus juga selalu meninggalkan jejak ditempat yang pernah mereka singgahi. Dan biasanya ketika sudah meninggalkan jejak, tidak menutup kemungkinan tempat tersebut akan kembali didatangi.

Maka dari itu salah satu cara mengusir tikus di mesin mobil yang paling mudah yaitu dengan cara membersihkan jejak bekas tikus yang ada didalam ruang mesin mobil. Kalian bisa mencucinya dengan menggunakan sabun ataupun yang lainnya.

10 Memelihara Jangkrik

Tikus merupakan binatang yang tidak menyukai keberadaan jangkrik. Karena jangkrik mampu mengeluarkan suara yang membuat pendengaran tikus terganggu.

Maka dari itu dengan memanfaatkan kelemahan tikus tersebut kalian dapat memeliharan jangkrik dan meletakannya di arena sekitar mobil seperti di bawah kolong mobil atau letakan saja di ruang garasi.

Seperti itulah kiranya bagaimana cara mudah mengusir keberadaan tikus di ruang mesin mobil yang kalian miliki. Yang jelas tips dan cara yang kami sampaikan diatas bisa dibilang cukup mudah untuk kalian praktikan.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, dan jangan lupa simak pula artikel mengenai cara merawat ban mobil yang baik dan benar agar tetap awet dan tahan lama yang sudah kami rangkumkan untuk kalian semua sebelumnya.

Tags: ,