Biaya Mutasi Motor 2020 : Syarat & Cara Mengurusnya

Biaya Mutasi Motor – Proses pemindahan domisili dari suatu kendaraan bukan merupakan hal baru. Bahkan sudah ada banyak sekali pemilik kendaraan yang melakukan hal tersebut karena dianggap akan lebih mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan nantinya. Salah satu contohnya adalah ketika kalian memiliki motor dengan plat luar daerah dan ingin kalian balik menjadi motor dengan plat dari daerah kalian tinggal.

Nah proses pemindahan domisili tersebut, tentu bukan sekedar memidah motor saja. Melainkan juga harus memidah seluruh data dari daerah asal ke daerah tujuan atau yang sering disebut dengan mutasi motor. Yang dimana dalam proses ini nantinya akan terjadi yang namanya update data atau berkas kepemilikan sepeda motor sesuai dengan keinginan para pemiliknya.

Pada dasarnya proses mutasi motor sendiri benar-benar memakan banyak waktu karena prosedurnya kita harus melakukan cabut berkas di Samsat daerah asal kemudian memidahkan berkas tersebut ke daerah tujuan yang biasanya memakan waktu berhari-hari. Maka dari itu apabila kalian ingin melakukan mutasi motor ada baiknya luangkanlah waktu seharian penuh agar kalian dapat mengurus proses mutasi ini hingga selesai.

Selain karena masalah waktu, banyak juga para pemilik kendaraan bermotor khususnya sepeda motor yang mungkin merasa malas mengurus mutasi motor ini karena menganggap biaya mutasi motor terlalu mahal. Padahal mahal atau tidaknya biaya mutasi motor tersebut akan disesuaikan dengan jenis atau tipe motor yang kalian miliki.

Syarat, Cara Mengurus dan Biaya Mutasi Motor

Biaya Mutasi Motor Terbaru

Namun tidak ada salahnya apabila kali ini otoflik.com merangkum seluruh infomrasi tentang mutasi motor. Baik itu syarat dokumen, prosedur mutasi, dan juga biaya mutasi motor itu sendiri. Oleh karena itu bagi kalian yang penasaran, silahkan ikuti dan simak pembahasan yang akan kami sampaikan berikut ini.

Syarat Dokumen Mutasi Motor

Syarat Dokumen Mutasi Motor

Sebelum kalian pergi ke Samsat untuk mengurus mutasi motor ini, salah satu hal yang perlu untuk disiapkan adalah persyaratan. Yang dimana persyaratan disini biasanya dalam bentuk dokumen atau berkas yang meliputi :

  1. STNK asli dan juga Fotocopy STNK.
  2. BPKB asli dan Fotocopy BPKB.
  3. KTP asli pemilik dan Fotocopy KTP.
  4. Kuitansi pembelian motor bermaterai Rp 6.000 dan Fotocopyannya.
  5. Lalu berkas atau dokumen hasil cek fisik kendaraan.
READ  4 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Benar Terbaru 2020

Diatas merupakan data atau persyaratan yang wajib disiapkan oleh para pemilik motor ketika ingin melakukan mutasi motor. Sedangkan untuk beberapa lembaga yang ingin melakukan mutasi motor ada tambahan persyaratan selain diatas, diantaranya adalah :

  1. Khusus untuk badan hukum, harus menyiapkan salinan akta pendirian sebanyak satu lembar, keterangan domisili, surat kuasa bermeterai yang ditandatangani pimpinan lengkap dengan cap badan hukum yang bersangkutan.
  2. Sementara untuk intansi pemerintah (termasuk BUMN dan BUMD), diperlukan untuk melampirkan surat tugas atau surat kuasa bermeterai yang cukup ditandatangani oleh pimpinan serta dilengkapi dengan intansi yang bersangkutan.

Jadi bagi instasi atau lembaga pemerintahan yang ingin melakukan mutasi motor, sipakanlah dokumen-dokumen persyaratan diatas secara keseluruhan dengan benar. Dan jika para pemilik kendaraan biasa, cukup dengan menyiapkan persyaratan yang kami sebutkan diatas.

Cara Mengurus / Prosedur Mutasi Motor

Prsedur atau Cara Mutasi Motor

Lalu bagaimana cara atau prosedur mutasi motor yang baik dan benar ? untuk menjawab hal tersebut silahkan kalian lihat pada rentetan langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama kalian harus membuat laporan ke Samsat terlebih dahulu bahwa kalian ingin melakukan mutasi motor. Dimana lokasi Samsat disini tentunya sesuai dengan Plat Motor yang terdaftar.
  2. Setelah itu kalian menuju ke bagian loket mutasi untuk selanjutnya menyerahkan beberapa persyaratan seperti BPKB dan KTP daerah yang akan dituju.
  3. Sampai disini kalian akan diperintahkan untuk melakukan cek fisik untuk menggesek nomor mesin dan nomor rangka. Disini biasanya akan ada biaya yang harus di keluarkan.
  4. Dilanjut dengan menuju ke bagian mutasi untuk menyerahkan beberapa persyaratan lain seperti Fotokopi BPKB, STNK, KTP yang masih-masing rangkap dua.
  5. Kemudian silahkan kalian menuju ke bagian fiskal untuk membayar sejumlah biaya.
  6. Jika sudah, silahkan kalian kembali ke bagian mutas motor. Lalu membayar sejumlah biaya untuk mencabut berkas dari Samsat kota asal.
  7. Disini kalian tinggal menunggu berkas mutasi motor keluar. Yang biasanya dalam hal ini pemilik kendaraan diberi sebuah surat jalan sementara.
  8. Setelah kalian mendapatkan berkas pencabutan tersebut. Silahkan lanjutkan ke Samsat kota tujuan.
  9. Dimana pada Samsat kota tujuan silahkan kalian serahkan seluruh berkas yang kalian dapatkan dari Samsat kota asal ke bagian mutasi motor.
  10. Di Samsat kota tujuan pun akan dilakukan kembali Cek Fisik sebagai syarat baru untuk mutasi motor di kota tujuan. Dan pada hal ini juga kalian akan di kenakan biaya.
  11. Kemudian di Samsat kota tujuan berkas tersebut akan di cek silang ke Polda setempat apabila mutasi ini dilakukan antar provinsi.
  12. Setelah itu kalian tinggal menunggu STNA dan plat nomor baru dalam jangka waktu tertentu.
  13. Jika jangka watku yang telah di tentukan sudah datang, silahkan kembali ke Samsat untuk mengambil STNK dan plat nomor baru yang biasanya diharuskan untuk membayar sejumlah biaya untuk pembayaran pajak, STNK, plat nomor, dan penulisan BPKB baru.
  14. Silahkan kalian tunggu proses pembuatan BPKB baru dalam waktu tertentu.
  15. Dan langkah terakhir adalah mengambil BPKB baru di Samsat kota tujuan yang dimana BPKB baru tersebut sudah memiliki data terbaru yang telah di update.
READ  25 Motor Touring Terbaik di Dunia Murah Untuk Harian 2020

Biaya Mutasi Motor Terbaru

Biaya Mutasi Motor Terlengkap

Nah setelah kalian mengetahui beberapa persyaratan mutasi motor dan juga prosedur atau cara mengurus mutasi motor seperti diatas sudah kami jelaskan. Mungkin ada yang bertanya, lalu berapa kiranya biaya mutasi motor yang harus dikeluarkan. Untuk menjawab hal tersebut, silahkan kalian lihat secara lengkapnya di bawah ini.

Jenis DokumenTarif
Cek FisikRp 20.000
Penerbitan STNK BaruRp 100.000
Pengesahan STNK Roda Dua & TigaRp 25.000
Cetak BPKB BaruRp 225.000

Dari keseluruhan data yang ada diatas, tentunya kalian akan dapat memperkirakan berapa biaya mutasi motor yang harus kalian keluarkan mulai dari cabut berkas hingga proses update berkas di Samsat kota tujuan.

Nah kiranya sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan, jangan lupa simak pula artikel menarik seputar biaya ganti plat motor yang sudah pernah kami bagikan. Semoga artikel diatas bisa menjawab semua pertanyaan kalian yang ingin melakukan mutasi motor.

Tags: ,