7 Tips Cara Merawat Rem ABS Motor Agar Tetap Maksimal

Cara Merawat Rem ABS Motor – Sepeda motor masih menjadi salah satu alat transportasi cukup banyak dipilih masyarakat. Bukan tanpa alasan, melainkan karena kendaraan jenis ini mudah untuk dioperasikan dan juga punya harga relatif terjangkau bila disejajarkan dengan mobil.

Advertisements

Dilain sisi sebanding harga jual ditawarkan, sekarang banyak juga pabrikan sepeda motor sudah melengkapi produk mereka dengan sederet teknologi canggih. Salah satunya urusan sistem keamanan dengan meletakan teknologi ABS pada sisi pengeremannya.

Disertakannya teknologi ABS atau Anti-Lock Braking System setidaknya membuat keamanan dalam berkendara dapat semakin terjaga. Mengingat teknologi ini berfungsi mencegah terjadinya selip pada bagian roda saat terjadi pengereman secara mendadak serta keras.

Advertisements

Jika mungkin kalian belum begitu paham dengan apa yang dimaksud dengan rem ABS dan juga cara kerjanya, sepertinya artikel mengenai APA ITU REM ABS yang sudah pernah otoflik.com rangkum bisa menjadi referensi untuk bisa membuat kalian lebih memahami teknologi ini.

Cara Merawat Rem ABS Motor Terlengkap

Jika bicara mengenai rem ABS pada sepeda motor, tentu saja agar bisa memberikan performa maksimal. Sebagai pengguna kita juga harus terus menjaga serta merawat kondisi rem ABS motor agar tetap maksimal. Namun pertanyaannya bagaimana cara merawat rem ABS motor yang baik?.

Tips Cara Merawat Rem ABS Motor

Nah buat kalian mungkin sekarang masih belum paham seperti apa sistem perawatan rem ABS pada sepeda motor yang baik dan benar. Berikut sudah otoflik rangkum dan jelaskan secara detail satu per satu tips cara merawat rem ABS motor secara maksimal.

Jadi buat kalian yang mungkin saat ini punya sepeda motor berteknologi ABS seperti Honda ADV, Yamaha NMAX atau lainnya. Kami rasa menyimak informasi satu ini dapat membuat kalian bisa memberikan perawatan maksimal terhadap rem ABS pada motor tersebut.

1. Periksa Kondisi Minyak Rem

Periksa Kondisi Minyak Rem

Salah satu cara merawat rem ABS motor paling mudah yakni selalu rutin memeriksa kondisi minyak rem. Dalam pemeriksaannya, pastikan memeriksa volume minyak rem berada di dalam tangki reservoir.

READ  10 Cara Menyetel Karburator Motor Agar Kencang & Irit 2021

Usahakan setiap kali melakukan pengecekan, pastikan kondisi minyak rem harus tetap sesuai dengan standar. Atau setidaknya tidak boleh kurang dari batas minimal tertera di tangki reservoir. Sebagai contoh untuk motor Yamaha seperti NMAX disarankan ganti minyak rem setiap 20.000 km sekali.

2. Periksa Kampas Rem

Periksa Kampas Rem

Tips cara merawat rem ABS motor perlu kalian lakukan adalah memeriksa salah satu komponen yang juga cukup penting yakni kampas rem. Salah satu bagian bisa dibilang akan berhubungan langsung dengan piringan cakram.

Membuat setidaknya lama kelamaan dapat membuatnya menipis dan aus. Oleh karena itu, sebagai pengguna kita wajib untuk memeriksa serta membersihkannya dari kotoran debu yang menumpuk. Bahkan jika kondisinya sudah mulai aus dan menipis, maka sebaiknya segera ganti menggunakan kampas baru.

3. Periksa Kondisi Selang Rem

Periksa Kondisi Selang Rem

Cara merawat rem ABS motor berikutnya dapat kalian lakukan yakni dengan memeriksa selang rem. Pasalnya pada bagian ini akan menjadi tumpuan bagi minyak rem untuk menghantarkan tekanan tuas rem ke kaliper guna menggerakan kampas rem.

Advertisements

Hampir sama seperti komponen rem pada umumnya, seiring berjalannya waktu. Kualitas ditawarkan pun dapat menurun, bahkan jika kita tidak sigap melakukan perawatan. Terkadang selang rem bisa jadi retak, bocor atau bahkan lainnya.

Agar dapat meminimalisir terjadinya hal-hal tersebut, setidaknya lakukan perawatan secara rutin serta berkala. Setidaknya melakukan perawatan ini akan membuat kondisi rem ABS pun akan tetap terjaga. Bahkan jika terjadi kebocoran kita akan langsung bisa mengetahui dan menanganinya.

4. Bersihkan Kaliper

Bersihkan Kaliper

Kaliper merupakan salah satu komponen yang bisa dibilang cukup jarang mengalami kerusakan (selama pemakaian wajar & perawatan rutin). Hanya saja sebagai bagian punya peran begitu penting, kliper juga menjadi bagian paling perlu dirawat secara maksimal.

Cara merawat kaliper rem ABS pada sepeda motor pun tergolong cukup mudah, karena sebagai pengguna, kita hanya perlu rutin membersihkan kaliper dari kotoran menempel baik itu debu, oli maupun lainnya. Selain itu, pastikan pula bahwa pegangan kaliper ke bagian dudukan tetap dalam kondisi kokoh.

READ  4 Cara Reset ECU Mobil : Alasan, Keuntungan & Waktu Paling Tepat

5. Bersihkan Piringan Cakram

Bersihkan Piringan Cakram

Selain itu, tips cara merawat rem ABS motor yang selanjutnya dapat kalian lakukan yakni dengan membersihkan bagian piringan cakram. Meski secara teknis hampir sama seperti kaliper yang jarang mendapatkan kerusakan selama penggunaan.

Akan tetapi untuk tetap memaksimalkan kondisinya tetap bagus, sebaiknya selalu rutin membersihkan piringan dengan cara mencucinya setiap kali terdapat kerak kotoran. Hal ini setidaknya akan membuat kondisi piringan cakram akan awet dan mampu membuat pengereman dapat maksimal.

6. Perhatikan Indikator ABS

Perhatikan Indikator ABS

Setiap sepeda motor yang sudah di lengkapi adanya teknologi ABS, tentu sudah dipastikan akan dilengkapi dengan adanya indikator pada bagian speedometer. Fungsinya untuk membuat pengendara dapat memantau kondisi dari rem ABS tertanam di motor.

Salah satu tipe sepeda motor memiliki indikator tersebut adalah All New NMAX 155 Connected ABS. Dimana pada saat indikator rem ABS menyala, itu menandakan bahwa ada ketidakberesan pada bagian rem ABS. Dan jika kondisi ini kalian dapati.

Maka sangat disarankan untuk segera membawa sepeda motor ke bengkel guna mendapatkan perawatan dan perbaikan. Jika tidak maka fungsi rem ABS akan sedikit terganggu dan tentu saja tidak akan mampu memberikan kinerja maksimal dalam menjaga keamanan berkendara.

7. Usahakan Rem Tidak Terkena Air

Usahakan Rem Tidak Terkena Air

Rem ABS mempunyai kinerja yang optimal karena adanya dukungan teknologi berbasis elektronik di dalam kerjanya. Meski tidak diharuskan mendapatkan perawatan secara khusus akan tetapi, sudah semestinya bagian terpaut sistem elektroniknya tak terkena air.

Meskipun secara terstruktur komponen rem ABS motor sudah kedap air, akan tetapi tidak ada salahnya menjaga kondisi komponen elektronik pada bagian ini tidak sering terkena air. Dengan mengaplikasikan cara merawat rem ABS motor satu ini setidaknya dapat membuat kondisinya tetap aman dan mampu memberikan kinerja maksimal.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com rangkum serta sampaikan terkait cara merawat rem ABS motor. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi dan menjadi gambaran untuk flikermania lebih sering merawat rem ABS untuk hasil maksimal.

Advertisements

Tags: , ,