13 Komponen Mesin Diesel dari Gambar, Fungsi & Cara Kerja

Komponen Mesin Diesel – Terkenal dengan kemampuan torsi yang cukup besar serta hemat dalam hal penggunaan bahan bakar. Jenis mesin yang satu ini termasuk ke dalam tipe mesin Internal Combustion Engine (ICE) yang memanfaatkan solar sebagai bahan bakarnya.

Berbeda dengan mesin bensin yang membutuhkan komponen bernama busi sebagai pematik timbulnya api. Pada mesin diesel, komponen tersebut tidak akan lagi dibutuhkan. Sebab untuk pembakaran, mesin jenis ini memanfaatkan tekanan kompresi.

Lalu bagaimana bisa terjadi pembakaran di dalam ruang bakar? untuk bisa mulai melakukan pembakaran. Seperti disinggung diatas, mesin diesel hanya membutuhkan kompresi tinggi serta campuran solar dan udara yang pas.

Nah dengan melihat cara kerja berbeda dari mesin bensin, otomatis hal ini akan membuat daftar komponen yang terdapat pada rangkaian mesin diesel juga berbeda, termasuk sudah tidak lagi memakai komponen busi.

Komponen Mesin Diesel dan Fungsinya

Penggunaan mesin diesel lebih di peruntukan pada jenis kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk. Meski begitu ada juga beberapa tipe mobil yang memanfaatkan mesin diesel sebagai penggerak utamanya, seperti halnya Toyota All New Innova dan Toyota New Fortuner atau mobil diesel lainnya.

Komponen Mesin Diesel & Fungsi

Sebenarnya jika dilihat secara struktur, komponen mesin diesel hampir tidak ada bedanya dengan komponen mesin mobil pada umumnya. Untuk lebih jelas apa saja komponen di dalam mesin diesel, berikut otoflik rangkum secara lengkap.

Kepala Silinder

Kepala Silinder Mesin Diesel

Kepala silinder atau cylinder blok menjadi komponen utama pada mesin diesel. Bagian ini dipasang pada permukaan blok silinder serta menjadi bagian yang masuk pada ruang bakar utama.

Umumnya kepala silinder dibuat dari besi tuang yang memiliki tingkat presisi begitu tinggi. Selain itu pada bagian ini ada juga beberapa komponen pelengkap seperti silinder, water jacket, sampai oil feed lines.

Ruang Bakar

Ruang Bakar Mesin Diesel

Bagian lain dari mesin diesel berikutnya adalah ruang bakar. Sesuai namanya, ruang bakar memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang telah di kompresi oleh nozzle.

Sampai dengan saat ini ada beberapa jenis tipe ruang bakar yang umum dipakai pada mesin diesel. Beberapa tipe tersebut seperti:

  • Tipe ruang bakar langsung
  • Tipe ruang bakar depan
  • Tipe ruang bakar kamar pusaran

Torak / Piston

Piston Mesin Diesel

Komponen mesin diesel berikutnya adalah Torak atau piston. Komponen ini menjadi bagian penting dalam sistem kerja mesin diesel. Fungsinya untuk menerima tekanan dari hasil pembakaran yang berlangsung di dalam ruang bakar.

Pergerakan torak sendiri akan selalu naik dan turun. Dan pada saat kondisi seperti ini tekanan akan difungsikan untuk memutar poros engkol atau crank shaft dengan memanfaatkan batang piston.

READ  135 Pajak Toyota Avanza 2021 : Tahunan, 5 Tahunan & Denda

Pena Torak (Crank Pin)

Crank Pin Mesin Diesel

Pena torak atau piston pin (crank pin) merupakan salah satu komponen mesin diesel yang juga begitu penting. Sebab komponen ini memiliki fungsi sebaga penghubung antara ujung batang piston dengan piston.

Umumnya desain pena torak atau piston dibuat dengan desian berlubang dibagian dalamnya. Tujuan dibuatnya lubang tersebut untuk mengurangi berat dari pena torak.

Ring Torak (Piston Ring)

Ring Torak Mesin Diesel

Selanjutnya ada komponen bernama Ring Torak atau ring piston, komponen satu ini biasanya terdiri dari dua macam yaitu ring kompresi dan ring oli. Fungsi utama dari ring torak sendiri begitu penting.

Sebab fungsi ring piston sendiri untuk mencegah kebocoran kompresi dan gas pembakarannya. Selain itu, juga digunakan untuk menyalurkan sebagian panas dari torak melalui dinding silinder.

Batang Torak (Connecting Rod)

Batang Torak Mesin Diesel

Komponen lain dari mesin diesel yang patut untuk kalian ketahui yakni batang torak atau connection rod. Biasanya komponen ini dibuat dari material yang cukup kokoh dan tahan terhadap panas.

Fungsi utama dari batang torak sendiri seabgai penghubung antara torakd engan poros engkol. Selain itu juga  digunakan untuk merubah momen bolak-balik piston menjadi momen putar pada bagian poros engkol.

Poros Engkol (Crank Shaft)

Poros Engkol Mesin Diesel

Poros engkol atau crank shaft menjadi salah satu komponen mesin diesel yang tidak kalah pentingnya dari beberapa komponen diatas. Sebab bagian ini memiliki fungsi sebagai perubah gerak naik dan turunnya piston.

Dimana gerakan tersebut nantinya akan digunakan untuk memutar atau menggerakan flywheel atau roda gila. Cara kerja dari komponen ini pun sangat simple karena akan berputar dibagian bawak blok silinder dan akan terhubung langsung dengan piston.

Bantalan Jurnal (Jurnal Bearing)

Jurnal Bearing Mesin Diesel

Selain beberapa komponen yang sudah otoflik rangkum diatas, beberapa komponen penting lain yang ada pada mesin diesel yakni bantalan Jurnal atau jurnal bearing. Komponen ini biasanya terbuat dari dua lapis yakni metal dan baja lunak.

Dilihat dari struktur bentuknya, bantalan journal dibuat dengan bentuk berlubang dan beralur. Fungsinya untuk membantu oli masuk ke bagian dalam blok silinder.

Roda Penerus (Fly Wheel)

Roda Penerus Mesin Diesel

Berikutnya adalah komponen bernama roda penerus atau fly wheel. Bentuk dari flywheel sendiri cukup sederhana dan terbuat dari material baja kokoh dan kuat yang diletakan menyambung dengan bagian poros engkol.

Fungsi dari roda penerus atau flywheel sendiri seabgai perata putaran poros engkol yang berubah-ubah akibat adanya tingkat pembakaran di ruang kerja yang akan berlangsung setiap satu kali putaran poros engkol.

Klep (Valve)

Klep Mesin Diesel

Memiliki bentuk seperti payung dengan ujung bagian atas melebar dan punya batang lurus serta tegak. Komponen mesin diesel yang satu ini umumnya dibuat dari bahan yang tahan terhadap panas tinggi.

Sebab komponen ini akan langsung berhadapan dengan ruang bakar yang notabennya akan selalu panas. Fungsi klep atau valve pada mesin diesel sendiri untuk memasukan dan mengeluarkan gas hasil pembakaran dengan cara membuka dan menutup.

READ  14 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas & Cara Mengatasi 2021

Poros Nok / CamShaft

Poros Nok Mesin Diesel

Poros nok atau camshaft juga menjadi satu bagian paling penting dari komponen mesin diesel yang harus flikermania ketahui. Fungsi komponen ini digunakan untuk membuka dan menutup katup sesuai dengan urutan timing pengapian.

Selain itu, juga berfungsi untu mengatur poros distributor. Umumnya poros nok atau camshaft memiliki bentuk nok dibuat dengan desian elips untuk membantu meningkatkan efisiensi.

Gigi Timing (Timing Gear)

Gigi Timing Mesin Diesel

Bagian lain dari mesin diesel yaitu gigi timing atau timing gear, komponen punya bentuk layaknya roda gigi pada umumnya. Keberadannya gigi timing pada mesin diesel juga begitu penting.

Sebab komponen ini punya fungsi sebagai pengatur penginjeksian campuran bahan bakar dan udara serta untuk pengatur pembukaan dan penutupan klep secara tepat.

Pengatur (Governor)

Governor Mesin Diesel

Terakhir ada komponen bernama Governor atau pengatur. Fungsi dari komponen yang satu ini sebagai penjaga putaran mesin di kecepatan tertentu sesuai dengan keinginan.

Adanya governor memungkinka putaran mesin pada kecepatan tertentu tidak akan tergantung pada perubahan beban maksimum dari mesin diesel itu sendiri.

Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel

Setelah memahami apa saja komponen mesin diesel seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Lantas bagaimana sih cara kerja mesin diesel itu? Menjawab hal tersebut, berikut otoflik rangkum langkah kerja mesin diesel.

Langkah kerja mesin diesel pertama dinamakan langkah hisap, pada proses ini saat piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB) akan menyebabkan pemnesaran ruang bakar.

Dan pada saat bersamaan, katup hisap akan terbuka serta udara dari intake manifold masuk ke dalam ruang bakar. Kemudian masuk pada langkah kedua, yang dimana pada langkah ini dinamakan langkah kompresi.

Proses dari langkah ini akan menggerakan piston dari TMB ke TMA dan akan membuat katup hisap dan buang tertutup rapat. Pada saat yang sama gerakan piston akan membuat suhu udara meningkat di dalam ruang bakar karena ada kompresi.

Langkah Kerja Mesin Diesel

Saat seperti itu masuklah pada langkah ketiga yang dinamanakan langkah usaha. Dimana saat piston ada dibagian TMA maka suhu udara otomatis sudah meningkat tinggi. Saat bersamaan inilah solar disemprotkan melalui  injecto ke ruang bakar.

Yang mana otomatis akan membuat solar terbakar dan membuat gaya doron piston ke titik mati bawah (TMB). Sampai disini masuklah ke langkah terakhir yakni pembuangan.

Saat posisi piston mulai naik ke TMA, secara otomatis katup buang akan terbuka. Terbukanya katup buang membuat gas hasil sisa pembakaran akan keluar menuju knalpot, sampai disini langkah kerja pun akan kembali ke awal.

Bagaimana sudah paham dan jelas apa saja komponen mesin diesel dan bagaimana cara kerja mesin diesel? Semoga dengan adanya informasi yang sudah otoflik jelaskan diatas, pemahaman terkait cara kerja dan juga komponen yang ada di dalam mesin diesel bisa semakin jelas.

Tags: , , ,