6 Perbedaan Ban Bias dan Radial 2021 : Kelebihan & Kekurangan

Perbedaan Ban Bias dan Radial – Ban kendaraan bermotor merupakan sebuah komponen paling penting untuk menunjang kenyamanan berkedara. Dalam industri otomotif, ban sendiri dibedakan menjadi beberapa kriteria.

Perbedaan tersebut dibuat dengan tujuan untuk memaksimalkan kendaraan yang menggunakannya. Sampai saat ini ban kendaraan bermotor ada dua tipe yakni ban Tubtype (dengan ban dalam) dan Tubeless (tanpa ban dalam).

Namun selain dua tipe ban tersebut, ternyata ban Tubeless juga masih dibedakan kedalam dua jenis lainnya, yaitu ban radial dan ban bias. Lantas apa sih perbedaan ban bias dan radial pada kendaraan bermotor?

Jika kalian baru mendengar tipe ban tersebut dan penasaran apa saja yang membedakan antara kedua jenis ban tersebut. Tidak ada salahnya simak artikel terbaru otoflik kali ini sampai tuntas yah.

Perbedaan Ban Bias dan Radial serta Kelebihan dan Kekurangan

Sebab, sesuai dengan judul diatas kali ini otoflik akan membahas secara tuntas terkait apa itu ban bias dan ban radial, serta perbedaan ban bias dan radial serta kelebihan kekurangannya. Langsung saja, mari kita simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Ban Bias dan Radial

Untuk bisa memahami alur perbedaan antara ban bias dan radial seperti akan otoflik.com rangkum dibawah. Ada baiknya kita pahami dulu apa itu ban bias dan ban radial.

Ban Bias

Ban Bias

Pertama kita bahas dulu ban bias. Ban bias merupakan sebuah ban dari tipe tubeless dengan dibuat dari lembaran cord sebagai rangkanya. Cord sendiri dibuat menggunakan pola zig-zag dengan sudut berkisar 40 – 60 derajat serta terpaku terhadap keliling lingkaran ban.

Ban Radial

Ban Radial

Sama halnya ban bias, ban Radial juga merupakan tipe ban motor tubeless. Hanya saja dalam hal pembuatan ban jenis ini dibentuk hanya dengan menggunakan lapisan serat yang dibuat menyilang diantara lingkaran ban. Sabuk ban dibuat dari baja dengan tapak kaku serta tahan guncangan.

Perbedaan Ban Bias dan Radial

Setelah mengatahui apa itu ban radial atau ban bias seperti sudah otoflik sampaikan sebelumnya. Berikut adalah beberapa perbedaan ban bias dan ban radial pada kendaraan bermotor.

READ  25 Mobil Balap Keren Tercepat Terbaru di Dunia 2021

Fleksibilitas

Fleksibilitas

Dilihat dari tingkat fleksibilitasnya, ban radial dan ban bias memiliki perbedaan yang  cukup kuat. Sebab mengacu pada sisi penggunaan, ban motor tipe radial lebih fleksibel, sehingga kenyamanan berkendara benar-benar bisa didapat.

Diperolehknya tingkat fleksibel tersebut tidak terlepas adanya pemakaian lapisan tipis. Sedangkan untuk tipe ban bias biasanya diperuntukan bagi kendaraan-kendaraa berobot berat, serta untuk tipe dan jenis motor harian.

Hal tersebut karena seluruh lapisan ban bias baik pada permukaan utama atau sidewall memiliki serat berlapis. Dengan begitu tidak heran apabila ban ini sering kita jumpai pada di toko-toko ban motor.

Penerapan Pemakaian

Penerapan Pemakaian

Perbedaan ban bias dan radial berikutnya yakni penerapan pemakaian. Yapz, hal ini perlu kalian pahami agar saat ingin mengganti ban kendaraan tidak salah pilih.

Ban radial punya konstruksi tipis nampun mempunyai daya cengkram kuat, akan sangat cocok digunakan untuk kendaraan berbobot ringan seperti sepeda motor ataupun kendaraan-kendaraan lain dengan bobot ringan.

Sedangkan ban bias, akan cocok dipakai untuk kendaraan bobot berat seperti mobil-mobil komersil, bus atau jenis truk. Hal tersebut karena konstruksi ban bias dibuat dengan serat tebal.

Daya Cengkram

Daya Cengkram

Ada cukup banyak faktor yang memperngaruhi daya cengkram sebuah ban kendaraan. Salah satunya adalah bentuk tread atau pola permukaan ban itu sendiri. Mesi begitu selian pola ban, ada juga beberapa faktor lain.

Seperti halnya konstruksi pembuatan ban itu sendiri, lantas bagaimana perbedaan antara tipe ban bias dan radial dari daya cengkramnya? Sesuai penjelasan diatas, ban radial memiliki kualitas baik.

Sebab ban ini dibuat dengan menggunakan serat baja lentur sehingga kekuatan cengramannya cukup maksimal. Sedangkan ban bias karena punya serat cukup tebal, daya cengkramnya tidak sebail ban radial.

Ketebalan Ban

Ketebalan Ban

Perbedaan lain dari dua jenis ban radial dan bias terletak pada sisi ketebalan bannya. Dimana untuk tipe radial karena dibuat dengan menggunakan serat baja lentur, maka lapisan pada belt tidak terlalu tebal. Alhasil bentuk ban ini lebih tipis.

Beda halnya dengan  ban bias, dimana ban jenis ini punya bentuk tebal karena pada bagian serat dibuat dengan menggunakan nylon atau polyster tidak terlalu kuat layaknya serat baja. Oleh karena itu dibuatlan serta tersebut dalam beberapa lapis membuat ketebalannya pun meningkat.

READ  45 Motor Retro Modern 2021 Termurah Paling Diminati

Struktur/Konstruksi

Struktur atau Konstruksi

Kemudian perbedaan lain harus kalian pahami ketika ingin membeli sebuah ban dengan tipe radial atau bias yakni struktur atau konstruksi. Dimana seperti kami singgung sebelumnya, kita paham bahwa pembuatan ban menggunakan beberapa lapisan.

Lapisan-lapisan tersebut meliputi lapisan belt (rangka ban) dan sidewall (samping ban), serta lapisan tread (permukaan ban). Dan untuk ban tipe radial, struktrunya dibuat lurus dari sisi kanan hingga ke sisi kiri. Sementara ban tipe bias, dibuat dengan struktur benar saling menyilang dengan sudut 40 – 60 derajat terhadapsumbu roda.

Harga

Harga

Perbedaan terakhir bisa kalian dapat dari dua tipe ban ini yakni ada pada sektor harga. Singkatnya harga ban radial bisa dua kali lipat dibandingkan dengan ban bias.

Hal ini dikarenakan dari sektor desain, konstruksi dan penggunaan komponen yang dipakai untuk pembuatan ban jauh lebih maksimal dan punya daya cengkram kokoh dan kuat.

Kelebihan Kekurangan Ban Radial & Bias

Kelebihan Kekurangan Ban Bias dan Radial

Setelah mengetahui perbedaan ban bias dan radial seperti kami sampaikan diatas, berikut ini beberapa kesimpulan terkait kelebihan dan kekurangan dimiliki ban radial serta ban bias.

Kelebihan

  • Ban radial lembut dan lebih empuk sehingga kenyamanan penumpang cukup maksimal.
  • Ban radial juga kuat menahan kondisi jalanan tidak rata.
  • Ban radial menghasilkan panas sedikit.
  • Untuk getaran, ban radial lebih baik  dibanding ban bias.
  • Ban bias lebih mudah di temukan di toko ban.
  • Harga ban bias murah dibanding ban radial.
  • Kemudian ban radial lebih stabil untuk masa pakai lama.

Kekurangan

  • Ban bias lebih cepat menghasilkan panas.
  • Ban bias memiliki traksi kurang maksimal jika dibandingkan ban radial.
  • Harga ban radial lebih mahal dan jarang toko ban menyediakan tipe ban satu ini.
  • Masa pakai ban bias tidak terlalu lama.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bisa diperoleh ketika menggunakan ban radial atau ban bias untuk kendaraan bermotor kalian. Serta penjelasan terkait perbedaan ban bias dan radial secara lengkap.

Silahkan tentukan jenis ban sesuai dengan kebutuhan dan juga budget dimiliki agar mendapatkan kenyamanan berkendara lebih maksimal. Nah kiranya sekian informasi dari otoflik. Semoga bisa menjadi referensi menarik.

Tags: , , ,