√ Stabilizer Rantai Motor : Fungsi, Manfaat, Harga & Cara Pasang

Stabilizer Rantai Motor – Mendapatkan rasa nyaman dan aman saat berkendara menggunakan sepeda motor, tentu menjadi bagian yang paling banyak diinginkan hampir semua orang. Sayangnya keinginan tersebut terkadang tidak di imbangi dengan perawatan motor secara baik.

Advertisements

Padahal memberikan perawatan yang baik dan benar pada sepeda motor, tentunya akan membuat motor akan tetap bisa dipakai untuk harian dengan nyaman dan aman. Perawatan motor pun bukan hanya sekedar mencuci, mengganti oli atau hanya membersihkan karbu dan  filter.

Namun khusus untuk para pengguna motor bebek, sport atau trail. Bagian yang tidak kalah pentingnya untuk selalu kita rawat adalah rantai. Mengingat beberapa tipe dan jenis motor yang otoflik sebutkan tadi masih mengandalkan rantai sebagai penghantar putaran mesin ke roda.

Advertisements

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa kondisi rantai yang tidak baik akan memungkinkan kinerja motor tidak akan maksimal. Apalagi jika sampai rantai kering dan berkarat maka kendala saat motor dijalankan bisa saja terjadi.

Stabilizer Rantai Motor dari Fungsi Manfaat Harga dan Cara Pasang

Apabila sudah seperti itu, maka kalian perlu MENGHILANGKAN KARAT pada rantai motor serta memberikan PELUMAS RANTAI menjadi langkah paling tepat. Setelah itu, agar kondisi rantai motor tetap bekerja maksimal, kami sarankan pakai stabilizer rantai motor.

Apa Itu Stabilizer Rantai Motor

Apa Itu Stabilizer Rantai Motor

Nah bicara mengenai aksesoris rantai motor yang satu ini, mungkin masih ada flikermania yang belum tahu apa itu stabilizer rantai motor dan juga fungsinya. Jadi pada pembahasan pertama akan kita jelaskan lebih dulu apa yang dimaksud dengan stabilizer pada rantai motor.

Jadi secara garis besarnya, sesuai dengan namanya. Komponen ini merupakan sebuah komponen yang diletakan pada bagian rantai motor, tepatnya pada bagian depan roda gigi belakang, bentuknya biasanya seperti rumah rantai kecil dengan adanya karet di bagian tengah.

Fungsi Stabilizer Rantai Motor

Fungsi Stabilizer Rantai Motor

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan stabilizer pada bagian rantai. Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya untuk kalian pahami dan ketahui adalah fungsi dari komponen atau aksesoris tambahan yang satu ini. Oleh karena itu, berikut sudah otoflik rangkum beberapa fungsi stabilizer rantai motor.

  1. Fungsi utama dari komponen tambahan pada sepeda motor ini yakni untuk menjaga rantai tetap pada jalurnya.
  2. Menekan posisi rantai motor yang kendor agar tetap stabil saat berada di jalanan.
  3. Meredam getaran pada rantai.
  4. Sebagai media pembersih rantai saat kotor terkena lumpur atau lainnya.
READ  35 Merek Mobil Beserta Asal Negara Terbaik Indonesia & Dunia 2021

Manfaat Stabilizer Rantai Motor

Di atas merupakan beberapa fungsi utama komponen stabilizer rantai motor yang pada awalnya mungkin hanya bisa temukan pada sepeda motor off-road. Namun sekarang ini kebanyakan banyak digunakan sebagai aksesoris motor-motor pengguna rantai.

Nah bicara mengenai komponen penstabil rantai motor ini, apa saja sih kiranya manfaat yang bisa di dapat ketika sebuah motor menggunakan stabilizer pada bagian rantainya? Manfaatnya bisa dibilang begitu banyak, berikut beberapa diantaranya.

1. Menjaga Ketegangan Rantai

Menjaga Ketegangan Rantai

Manfaat pertama stabilizer rantai motor atau juga sering disebut sebagai tensioner rantai sepeda motor ini yakni sebagai penjaga ketegangan rantai motor. Karena seperti kita ketahui bersama, rantai motor dibuat agar dapat menyelaraskan dengan kondisi jalan.

Dimana saat kondisi jalan bergelombang, biasanya rantai akan ikut naik turun bersama gaya yang dihasilkan dari shock absorber atau suspensi belakang. Maka dari itu, dengan adanya komponen penstabil, kondisi rantai akan tetap terjaga ketegangannya.

2. Menjaga Rantai Tetap Kencang

Menjaga Rantai Tetap Kencang

Selain menjaga ketegangan rantai, manfaat lain ketika menggunakan stabilizer rantai motor yaitu dapat menekan rantai saat kondisi kendur. Dengan begitu penggunaan aksesoris tambahan satu ini benar-benar akan dapat menjaga kondisi rantai tetap stabil.

Advertisements

Dengan begitu tarikan dari roda gigi depan (mesin) yang menuju ke roda gigi belakang akan tetap kencang. Hal ini otomatis akan membuat sepeda motor akan bisa memberi akselerasi yang maksimal ketika diajak berjalan baik saat kondisi jalanan rusak ataupun bergelombang.

3. Sebagai Peredam Getaran Rantai

Sebagai Peredam Getaran Rantai

Kemudian manfaat lain yang bisa didapat ketika kalian memasang stabilizer rantai motor yakni dapat meredam getaran rantai serta membuat suara yang keluar akan terdengar lebih halus. Ini tentunya menjadi hal yang diinginkan sebagian besar pengguna motor.

Karena tidak sedikit yang mengeluhkan bahwa sepeda motor mereka terdengar berisik di bagian rantai saat berjalan. Kemampuan stabilizer rantai motor untuk meredam getaran pun tidak terlepas adanya bantalan berbahan karet yang terpasang di jalur rantai tersebut.

4. Mempercantik Tampilan

Mempercantik Tampilan Motor

Selain tiga manfaat diatas, memasang stabilizer pada rantai motor juga membuat tampilan kendaraan kalian akan terasa lebih menarik. Karena sampai dengan saat ini ada begitu banyak pilihan model dan tipe stabilizer yang bisa dipakai.

Bahkan harga jual yang ditawarkan pun sangatlah terjangkau. Jadi buat kalian yang ingin mendapatkan tampilan motor lebih maksimal, tidak ada salahnya menggunakan komponen stabilizer yang satu ini.

READ  12 Komponen Sistem Pengapian Sepeda Motor: Fungsi & Cara Kerja

Cara Pasang Stabilizer Rantai Motor

Cara Pasang Stabilizer Rantai Motor

Nah setelah mengetahui fungsi, manfaat dan apa itu stabilizer rantai motor seperti diatas otoflik jelaskan. Hal berikutnya untuk bisa kalian pahami dari komponen satu ini adalah bagaimana cara pasangnya.

Untuk itu, berikut ini akan otoflik rangkumkan langkah demi langkah cara pasang stabilizer rantai motor agar kalian bisa melakukan pemasangan aksesoris ini sendiri.  Nah sebelum memasang ada baiknya siapkan beberapa alat dan bahan seperti berikut ini:

  • Kunci pas dan ring.
  • Obeng plus dan minus.
  • Tang penjepit.
  • Kunci L ukuran 5 dan 6 milimeter

Setelah mempersiapkan beberapa alat serta bahan diatas, maka berikut ini adalah cara pasang stabilizer rantai motor yang baik dan benar.

  1. Pertama silahkan posisikan sepeda motor di tempat yang rata dan gunakan standar tengah untuk menstabilkan posisi motor.
  2. Siapkan stabilizer rantai motor yang sudah kalian beli, ada baiknya bersihkan lebih dulu yah.
  3. Setelah itu, lepas penutup belakang stabilizer.
  4. Masukan stabilizer ke bagian arm dan pastikan lebarnya cukup serta tempatkan pada bagian yang pas.
  5. Pasang penutup belakang lalu masukan baut dan mur pengancing ke posisi yang disediakan.
  6. Kencangkan dengan menggunakan kunci pas ring atau kunci L sesuai dengan tipe stabilizer yang dipakai.
  7. Saat mengencangkan, silahkan atur ketinggian bodi stabilizer.
  8. Saat dirasa sudah pas, kembali kencangkan pengunci sambil mengarahkan roller atau bantalan rantai sesuai posisi yang pas.
  9. Jika sudah maka pemasangan pun selesai dan rantai akan aman dan tetap pada posisinya meski rantau sudah kendor.

Harga Stabilizer Rantai Motor

Harga Stabilizer Rantai Motor

Buat kalian yang saat ini ingin menggunakan stabilizer rantai motor setelah mengetahui fungsi dan manfaatnya. Dibawah ini kira-kira harga aksesoris tensioner rantai motor yang bisa kalian dapatkan.

Model / TipeHarga
Stabiliser model rollRp 77.500
Stabilizer Rantai CNC Vixion Byson CB150RRp 69.600
Gordon Stabilizer KLX dan D-TrackerRp 85.000
Stabiliser Rantai Motor TrailRp 30.000
Stabilizer Rantai Sport Aluminium CNC SteelRp 165.000
X-BREAK CNC Honda Crf 150 LRp 180.000
Goyo Tensioner StabiliserRp 99.000
Agras CNC Tensioner CB 150RRp 89.000

Akhir Kata

Bagaimana apakah sudah parah dan jelas apa itu stabilizer rantai motor, fungsi, manfaat, dan juga harganya? Jika sudah dan ingin melakukan pemasangan, kami sarankan untuk membawanya ke bengkel agar dipasang oleh mekanik berpengalaman.

Namun jika tidak sebaiknya ikuti arahan cara pasang stabilizer rantai motor yang sudah otoflik tulis di atas. Dan kiranya sekian informasi dari kami, semoga bisa menjadi referensi dan wacana yang menarik untuk flikermania simak.

Advertisements

Tags: , , , ,