Biaya SIM Nembak 2021 Semua Jenis dari Syarat & Penjelasan

Biaya SIM Nembak – Mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya mengharuskan setiap pengemudi memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi. Selain menjadi bukti bahwa kalian telah mahir dalam dan mampu mengendarai dengan baik.

SIM juga dibuat sebagai bukti bahwa kalian telah paham dan tahu semua peraturan dan arti simbol lalu lintas. Berkendara di jalan raya tanpa membawa SIM merupakan pelanggaran dan akan diberi sanksi tegas berupa tilang serta pembayaran denda.

Melihat pentingnya SIM dalam berkendara, tentu saja setiap masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk membuat SIM diharuskan untuk segera membuatnya sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Sim A untuk pengendara mobil dan SIM C untuk pengguna sepeda motor.

Untuk MEMBUAT SIM sendiri sekarang ini bisa dibilang cukup mudah karena bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Hanya saja proses pembuatan yang lama mungkin menjadi salah satu alasan kalian mencari alternatif untuk dapat membuat SIM C maupun A dengan cepat.

Biaya SIM Nembak Semua Jenis dan Penjelasan Lengkap

Di tengah kondisi tersebut, nembak SIM mungkin menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan. Selain proses pembuatan cepat, kita tidak perlu ngantri berjam-jam untuk semua rangkaian proses pembuatan SIM. Nah pertanyaan, apa itu SIM Nembak dan berapa biaya SIM nembak?.

Apa Itu SIM Nembak?

Apa Itu SIM Nembak

Sebelum kita bahas lebih detail berapa biaya SIM nembak dan penjelasan lengkap terkait hal tersebut. Mungkin disini ada yang belum tahu apa itu SIM nembak. Maka dari itu, tidak ada salahnya otoflik akan menjelaskan sedikit tentang apa itu SIM nembak.

Secara sederhana, SIM nembak merupakan proses pembuatan SIM baik itu golongan SIM A, SIM B, maupun SIM C yang dilakukan dengan cara meminta bantuan jasa calo pembuatan SIM. Dengan cara tersebut, setidaknya proses membuat SIM akan lebih cepat tanpa perlu melakukan tes.

Waktu dibutuhkan pada saat proses pembuatan SIM nembak sendiri bisa dibilang cukup cepat. Bahkan dalam satu hari pun kalian sudah bisa langsung mendapatkan SIM yang kalian kehendaki baik itu SIM C, SIM B maupun SIM A.

READ  3 Peredam Suara Mobil Terbaik & Cara Memilih Peredam Bagus

Syarat SIM Nembak

Syarat SIM Nembak

Menjadi salah satu jalan pintas dan dianggap cukup memudahkan proses pembuatan SIM sebagai salah satu syarat utama berkendara di jalan raya. SIM nembak bisa dikatakan cukup populer di tengah masyarakat yang mungkin memiliki aktivitas kesibukan cukup padat.

Akan tetapi pembuatan SIM nembak memiliki konsekuensi mau tidak mau harus kita ikuti, salah satunya terkait biaya sim nembak yang mungkin akan sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan biaya pembuatan SIM secara resmi.

Lantas bagaimana dengan syarat SIM nembak? apakah sama seperti SYARAT PEMBUATAN SIM resmi atau tidak?. Menanggapi hal tersebut dan berkaca dari pengalaman beberapa teman serta saudara. Bisa dikatakan syarat SIM nembak jauh lebih simple.

Sebab, ketika memilih untuk menggunakan jalur pintas membuat SIM nembak. Secara garis besar syarat dibutuhkan hanyalah foto dan fotokopi e-KTP serta uang pembayaran biaya pembuatan SIM nembak yang diberikan langsung kepada oknum pembantu.

Biaya SIM Nembak

Biaya SIM Nembak

Memilih menggunakan jalur belakang atau melalui oknum calo yang biasanya juga merupakan pihak polisi “nakal”. Memang memberikan cukup banyak keuntungan baik itu dari segi waktu, proses dan juga syarat lebih mudah serta cepat.

Namun dibalik itu semua, untuk bisa mendapatkan SIM kendaraan tanpa harus cek fisik, kesehatan dan juga menjalani ujian praktek mengendarai kendaraan baik motor maupun mobil di lokasi pembuatan SIM. Mau tidak mau harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk biaya SIM nembak.

Meski tidak ada patokan khusus biaya harus dibayarkan. Namun rata-rata untuk biaya SIM C nembak sekitar Rp 500 – 800 ribu rupiah dan biaya untuk pembuatan SIM A maupun B nembak sekitar Rp 800 – 1 juta rupiah tergantung dari GOLONGAN SIM akan dibuat.

Namun ada juga beberapa oknum calo yang menawarkan paketan untuk pembuatan SIM C dan SIM A dengan biaya sekitar Rp 1.5 – 1.8 juta rupiah. Dengan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan, setidaknya hal ini patut untuk menjadi pertimbangan bagi kalian.

Apakah SIM Nembak Diperbolehkan?

Jika dilihat dengan kacamata hukum, sebenarnya sistem percaloan untuk membuat SIM nembak sebenarnya merupakan salah satu hal yang tidak diperbolehkan.

READ  10 Jenis Suspensi Mobil yang Umum Digunakan 2021

Namun jika dilihat dengan kacamata umum, nyatanya sampai dengan saat ini, sistem pembuatan Sim Nembak masih diperbolehkan. Jadi jika memang kalian memiliki budget lebih dan ingin segera punya SIM tidak ada salahnya menggunakan cara ini.

Apakah Sim Nembak Bisa Diperpanjang?

Lalu apakah SIM nembak itu bisa diperpanjang? jawabannya ya tentu saja bisa. Karena tidak jauh berbeda dengan SIM yang dibuat secara resmi melalui prosedur di dalam kepolisian.

Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dibuat dengan cara nembak juga merupakan SIM sah di atas hukum. Dengan begitu kalian akan tetap bisa PERPANJANG SIM tersebut dengan prosedur seperti pada umumnya.

Perbandingan SIM Nembak dan Resmi

Perbandingan SIM Nembak dan Resmi

Setelah memahami beberapa hal penting yang harus kalian pahami di dalam istilah SIM Nembak seperti di atas otoflik.com sampaikan. Sebagai tambahan informasi. Berikut ini adalah beberapa perbandingan SIM nembak dan resmi yang mungkin ingin kalian ketahui.

1. Perbandingan Biaya

Perbandingan pertama akan kita bahas dari sisi biaya. Seperti kami singgung di atas, biaya harus dikeluarkan untuk membuat SIM nembak sedikit lebih mahal bila dibandingkan pembuatan SIM resmi. Berikut, kiranya detail perbandingan tersebut.

Golongan SIMBiaya Pembuatan SIM ResmiBiaya Pembuatan SIM Nembak
SIM ARp 120.000Rp 800 – 1 juta
SIM B IRp 120.000
SIM B IIRp 120.000
SIM CRp 100.000Rp 500 – 800 ribu
SIM C IRp 100.000
SIM C IIRp 100.000
SIM DRp 50.000
SIM D IRp 50.000

2. Perbandingan Waktu Pembuatan

Selain dari sisi biaya yang berbeda, perbandingan SIM nembak dan SIM resmi juga ada di bagian waktu proses pembuatan. Yap, memilih menggunakan jalur calo untuk membuat SIM setidaknya akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Semua itu karena proses bisa ditunggu dan cepat bahkan kurang lebih hanya 3 jam pun selesai dan kalian hanya perlu tandatangan dan foto SIM. Berbeda dengan saat membuat SIM resmi yang membutuhkan waktu beberapa hari.

Akhir Kata

Sudah cukup jelas kan dengan apa itu SIM nembak dan biaya SIM nembak baik itu biaya pembuatan SIM C nembak maupun pembuatan SIM C nembak?. Semoga ulasan atau informasi yang sudah otoflik.com sampaikan di atas bisa menjadi referensi menarik.

Tags: , ,