7 Cara Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor Online 2022

Cara Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor Online – Dalam proses pembuatan sepeda motor ada begitu banyak tahapan harus dilakukan pabrikan. Bukan hanya sekedar memperhatikan dari sisi pelanggan, namun setiap pabrikan juga harus memperhatikan SOP dari sisi peraturan lalu lintas yang di tetapkan oleh kepolisian Republik Indonesia.

Advertisements

Dari begitu banyaknya SOP atau peraturan yang diberikan, salah satunya terkait penyertaan sebuah nomor rangka dan nomor mesin. Perlu digarisbawahi, nomor rangka dan nomor mesin sendiri tidak akan pernah sama untuk setiap unit meskipun dari model, jenis dan tipenya sama.

Bicara mengenai nomor rangka dan nomor mesin motor, terkhusus buat flikermania ketika ingin membeli motor bekas. Selain mengetahui bagaimana proses pemilihan motor bekas, kalian juga harus bisa mengetahui bagaimana cara cek nomor rangka dan nomor mesin motor tersebut.

Advertisements

Dengan begitu kalian akan bisa memastikan bahwa spare part seperti block mesin serta rangka terdapat pada motor tersebut masih asli keluaran pabrik. Untuk cara cek nomor rangka dan mesin motor sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara manual maupun secara online.

Cara Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor Online

Nah bicara mengenai hal tersebut, sesuai dengan judul kami tulis di atas. Kali ini otoflik akan membagikan panduan bagaimana cara cek nomor rangka dan mesin motor online. Untuk itu silahkan kalian simak artikel terbaru kami sampai akhir yah.

Apa Itu Nomor Rangka & Mesin Motor?

Sebelum mengetahui bagaimana cara cek nomor rangka dan mesin motor online. Mungkin ada dari kalian belum tahu apa itu nomor rangka dan nomor mesin pada sebuah kendaraan. Jadi tidak ada salahnya apabila disini kami jelaskan lebih dulu pengertian dua hal tersebut.

Secara garis besar baik nomor rangka maupun nomor mesin pada kendaraan (motor & mobil) merupakan sebuah identitas yang secara resmi dikeluarkan oleh pabrikan. Tidak hanya tercantum pada rangka dan mesin, nomor identitas tersebut juga tercantum pada BPKB dan STNK.

Fungsi Nomor Rangka & Mesin Motor

Bukan hanya sekedar menjadi bukti atau identitas sebuah kendaraan, nomor rangka dan juga nomor mesin juga ternyata punya fungsi tersendiri. Oleh karena itu sebelum masuk pembahasan bagaimana cara cek nomor rangka dan mesin motor online. Berikut beberapa fungsi utama dua nomor identitas kendaraan tersebut.

  1. Digunakan sebagai petunjuk identitas pabrik pembuat serta mengeluarkan motor tersebut.
  2. Digunakan sebagai acuan ketika para pemilik motor akan melakukan perpanjangan STNK yang dimana nomor tersebut akan disesuaikan dengan surat-surat guna memastikan kendaraan masih sesuai.
  3. Sebagai identitas dealer atau produsen yang bisa dilihat dari digit ketiga nomor rangka maupun mesin.
  4. Sebagai jaminan akan keabsahan nomor terdapat di STNK maupun BPKB.

Jumlah Digit Nomor Rangka & Mesin motor

Mengacu pada peraturan internasional, nomor rangka mesin kendaraan baik motor maupun mobil atau lebih dikenal dengan Vehicle Identification Number (VIN) terdiri dari 17 digit dengan kombinasi huruf dan angka. Untuk Indonesia sendiri VIN digunakan mengacu pada ISO 3379 yang terbagi menjadi 3 bagian.

Advertisements

  • Tiga digit pertama merupakan World Manufacturer Identification (WMI).
  • Digit 4 -9 merupakan Vehicle Descriptor Section (VDS).
  • Dan digit 8 terakhir merupakan Vehicle Identifier Section (VIS).

Berbeda dengan nomor rangka motor, nomor mesin motor sendiri hanya terdiri dari 9 digit angka dan terbagi menjadi dua bagian yaitu 6 digit pertama dan 3 digit kedua.

Letak Nomor Rangka & Mesin Motor

Untuk dapat melakukan cek nomor rangka dan mesin motor secara online, tentu saja kalian juga harus mengetahui dimana letak dua nomor identitas tersebut. Jadi sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara cek nomor rangka dan mesin motor online. Berikut penjelasan tentang letak nomor rangka dan mesin motor harus flikermania ketahui.

Untuk nomor mesin hampir rata-rata dapat kalian temukan di bagian kanan blok silinder atau blok mesin. Selain itu ada juga beberapa tipe motor yang letak nomor mesin terdapat di bagian blok kampas kopling dan pada sebelah kanan motor starter, umumnya tipe motor matic Yamaha maupun Honda.

Berbeda dari nomor mesin, untuk nomor rangka biasanya tidak semua produsen memiliki dan meletakkan posisi hampir sama. Untuk Yamaha rata-rata terletak dibagian dalam jok sedangkan Honda ada pada bagian depan setang kemudi.

Cara Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor Online

Ketika sudah mengetahui dimana letak dan posisi nomor rangka dan mesin motor serta pentingnya memahami dan mengetahui nomor tersebut. Maka sekali lagi, buat kalian yang akan membeli motor bekas, kami sarankan untuk memahami bagaimana cara cek nomor rangka dan mesin motor online baik menggunakan aplikasi maupun browser.

Melalui Aplikasi

Terkhusus buat flikermania berdomisili di wilayah DKI Jakarta, kalian bisa cek nomor rangka dan mesin motor online dengan menggunakan aplikasi bernama Cek ranmor & Pajak DKI Jakarta yang tersedia gratis di play store (android).

  1. Pertama download dan install aplikasi Cek ranmor & Pajak DKI Jakarta.
  2. Pilih login dengan Google dan pastikan login berhasil dilakukan.
  3. Setelah itu, silahkan masukkan nomor plat kendaraan ingin kalian ketahui nomor rangka dan mesinnya.
    Masukkan Nomor Polisi Motor Cari
  4. Untuk data lebih lengkap silahkan masukkan juga NIK pemilik terdata di BPKB dan klik cari.
  5. Data kendaraan pun akan terlihat secara detail.

Melalui Browser

Sementara buat kalian lebih memilih cara cek nomor rangka dan mesin motor online lewat website, kalian cukup buka beberapa situs resmi pengecekan data kendaraan sesuai wilayah kalian dan ikuti prosedur yang ada.

  • Jawa Timur : https://esamsat.jatimprov.go.id/
  • Yogyakarta : http://infonjkbdiy.com/
  • Jawa Tengah : https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  • Jawa Barat : https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/

Akhir Kata

Silahkan ikuti panduan lengkap cara cek nomor rangka dan mesin motor online yang sudah otoflik.com sampaikan di atas. Kiranya cukup sekian panduan yang dapat kami sampaikan, semoga bisa membantu dan menjadi referensi menarik untuk bisa kalian simak.

Advertisements

Tags: , ,