20 Penyebab dan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil – Mobil merupakan sebuah kendaraan yang memiliki cukup banyak fungsi yang bisa disesuaikan dengan jenis dan juga tipenya. Namun dari semua tipe dan jenis mobil yang sudah ada dipasaran saat ini, hampir semuanya dilengkapi dengan komponen bernama Dinamo Starter.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, melainkan untuk dapat menghidupkan mesin mobil dengan mudah ketika kita ingin menggunakannya. Maka dari itu, dinamo starter atau sering juga disebut dengan motor starter ini benar-benar memiliki peranan yang cukup penting pada sebuah mobil.

Tidak heran apabila kita sebagai pemilik mobil juga harus memperhatikan serta merawat kondisi dinamo starter tersebut agar tidak mudah rusak. Pasalnya ketika dinamo starter mobil rusak, tentunya kita tidak akan bisa dengan mudah menghidupkan mesin mobil. Pasalnya komponen inilah yang akan bekerja pertama kali ketika mobil akan dinyalakan.

Meski pemakaiannya hanya diawal saja, akan tetapi seiring berjalannya masa pemakaian, tentu saja komponen ini akan mengalami penurunan kinerja. Bahkan lebih parahnya lagi dinamo starter bisa saja mati total dan tidak bisa berfungsi. Jika sudah seperti itu, tentu saja kalian harus memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak tersebut.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Penyebab dan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Nah untuk cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak pun tidak boleh sembarangan. Karena jika tidak ditangai dengan baik akan berakibat fatal. Hal ini bisa saja terjadi mengingat kerusakan pada dinamo starter pun bisa diakibatkan oleh beberapa sebab. Dengan begitu penanganannya pun juga harus sesuai dengan kerusakan yang terjadi.

Fungsi Dinamo Starter Mobil

Sebelum kepembahasan utama mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak. Mungkin kalian perlu tahu terlebih dahulu apa fungsi utama dari dinamo starter itu. Jika dilihat secara teknis, dinamo starter mobil berfungsi untuk memutar mesin pertama kalinya dengan menggerakan poros mesin melalui fly wheel dengan cara mengubah energi listrik yang terdapat di dalam aki mobil menjadi energi gerak (putar) pada dinamo tersebut.

Masalah yang Terjadi Pada Dinamo Starter Mobil

Dan biasanya ada beberapa masalah yang terjadi pada dinamo starter jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Dengan adannya masalah yang sering terjadi pada dinamo starter mobil ini, tentu saja cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak pun akan berbeda-beda cara penangangannya.

Nah untuk kalian yang penasaran bagaimana cara memperbaiknya, mungkin ada baiknya ketahui dulu beberapa masalah yang sering terjadi pada dinamo starter mobil berikut ini.

  1. Dinamo starter mati dan mesin tidak mau berputar.
  2. Putaran mesin terlalu lemah saat dilakukannya starter mobil.
  3. Dinamo starter selalu berputar terus.
  4. Dinamo starter berputar tetapi mesin tidak bisa dan tidak mau hidup.
  5. Dinamo starter tidak mau terhubung atau terputus secara baik dengan mesin mobil.
READ  12 Penghilang Baret Mobil Paling Ampuh Terbaik 2020

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

Dinamo starter atau sering disebut motor starter merupakan sebuah bagian mesin yang didalamnya memiliki begitu banyak komponen yang saling terhubung. Yang dimana komponen motor starter atau dinamo starter tersebut benar-benar harus selalu di perhatikan.

Jika tidak, hal ini akan berimbas pada kesehatan dinamo starter itu sendiri. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan dinamo starter mobil jika dilihat dari masalah yang sering terjadi pada dinamo starter seperti kami tulis diatas.

1. Dinamo Starter Mati & Mesin Tidak Berputar

Salah satu gejala yang umum menjadi masalah ketika kita putar kunci kontak ke posisi Start yaitu tidak terjadi reaksi pada dinamo starter. Nah biasanya hal tersebut disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya adalah :

  • Aki mobil sudah mulai soak atau bahkan mati.
  • Sekring penghubung antara dinamo dan kunci kontak meleleh atau putus.
  • Sambungan kabel dinamo starter kotor, lepas ataupun putus.
  • Bisa juga disebabkan kunci kontak yang bermasalah.
  • Magnetic switch, netral switch atau switch kopling dan starter relay bermasalah.
  • Bahkan bisa saja disebabkan karena masalah pada immobilizer atau sistem keamanan mobil itu sendiri.

2. Putaran Mesin Terlalu Lemah Saat Starter

Kemudian kerusakan yang juga sering terjadi pada dinamo starter mobil adalah putaran mesin yang terlalu lemah saat kunci kontak diputar ke posisi Start. Biasanya ditandai dengan putaran mesin leman dan meredupnya lampu indikator mobil. Dan beberapa penyebabnya antara lain :

  • Aki mobil sudah lemah atau bahkan sudah soak.
  • Sambungan kabel dinamo starter kotor, lepas atau kendor.
  • Dinamo starter bermasalah.
  • Masalah mekanikal pada mesin atau dinamo starter mobil.

3. Terus Berputarnya Dinamo Starter

Selain dua masalah diatas, seringkali dialami para pemilik mobil adalah dinamo starter mobil yang terus berputar meskipun kunci kontak sudah kita kembalikan pada posisi ON. Hal ini tentu akan membuat suara berisik yang cukup mengganggu. Lalu apa sih penyebab dinamo starter mobil berputar terus ?

  • Kemungkinan bisa terjadi karena pinion gear atau ring gear mengalami kerusakan.
  • Bisa juga terjadi karena plunger dalam magnetic swtich yang rusak atau bermasalah.
  • Masalah terjadi pada bagian kunci kontak atau kontrol sirkuit.
  • Bahkan bisa juga disebabkan karena terminal kunci kontak untuk starter lengket yang mengakibatkan terus menempel.

4. Dinamo Starter Berputar Tetapi Mesin Tidak Hidup

Selanjutnya jika dilihat dari masalah yang sering terjadi pada dinamo starter mobil, biasnaya keluhan yang sering di alami para pemilik mobil adalah dinamo starter bisa berputar, tetapi mesin tidak bisa hidup. Hal ini memang bukan masalah baru dalam otomotif. Dan biasanya kerusakan ini disebabkan karena :

  • Terjadinya kerusakan pada abgian over running clutch didalam dinamo starter mobil.
  • Atau juga terjadi kerusakan pada pinion gera dan ring gear.

5. Dinamo Tidak Terhubung atau Terlepas

Kemudian masalah berikutnya yang sering dialami para pemilik mobil terkait dinamo starter adalah tidak mau terhubung dan terlepasnya dinamo starter dengan baik dengan bagian mesin (fly Wheel). Biasnaya ini sering di tandai dengan munculnya suara cetek-cektek saat disatarter. Dan umumnya hal ini disebabkan karena beberapa hal diantaranya :

  • Terjadinya kerusakan pada bagian magnetic switch di dalam dinamo starter mobil.
  • Atau juga bisa terjadi karena terminal kunci kontak yang terhubung ke starter lengket karena kotoran sehingga membuatnya terus menempel.
READ  7 Mobil LMPV Terbaik dan Terlaris di Indonesia 2020

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Jika melihat beberapa penyebab rusaknya dinamo starter mobil diatas, maka kalian akan bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan otoflik.com jelaskan secara rinci.

1. Periksa Klem Aki Mobil

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak dan tidak mau menyala adalah memeriksa klem aki mobil untuk memastikan tidak kendor dan atau lepas. Dan berikut ini bebrapa cara memperbaiki dinamo starter mobil dari klem aki.

  1. Melalukan pemeriksaan pada bagian klem aki yang ada pada terminal positif (+) dan negatif (-).
  2. Memeriksa rangkaian kelistrikan pada dinamo starter, pastikan tidak ada kabel yang kendor, putus, kotor ataupun terlepas.
  3. Jika semua kondisi sudah kalian periksa namun tidak membuahkan hasil bisa saja karena aki mobil soak dan kalian harus memperbaiki aki mobil tersebut atau menggantinya dengan aki baru.

2. Periksa Kondisi Kabel Aki Mobil

Setelah dipastikan bahwa klem aki mobil tersebut masih dalam keadaan baik dan benar, maka cara selanjutnya yang bisa kalian gunakan yaitu melakukan pemeriksaan pada bagian kabel aki mobil. Untuk cara-caranya silahkan lakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Sebelum melakukan pemeriksaan pada kabel ada baiknya periksa tegangan aki mobil dengan menggunakan alat ukur multitester untuk mengetahui kondisi tegangan setrum aki.
  2. Selain itu pastikan kalian melakukan pemeriksaan pada bagian kabel aki mobil, pastikan semua kabel terhubung dengan baik.
  3. Jika semua hal tersebut sudah kalian periksa dan mendapati hasil yang masih bagus, bisa saja dinamo starter memang mati dan harus diganti dengan dinamo yang baru.

3. Periksa Soket Otomatis

Cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak berikutnya adalah melakukan pemeriksaan pada soket otomatis yang terdapat pada bagian dinamo starter dengan cara melakukan pengecekan dibeberapa bagian seperti berikut ini.

  1. Periksa soket otomatis yang terdapat pada bagian dinamo starter yang biasanya akan terdapat kabel kecil yang terhubung dengan bagian dinamo.
  2. Periksa kembali kondisi kabel otomatis tersebut. Pastikan masih dalam kondisi baik, jika tidak segera ganti dengan yang baru.
  3. Jangan lupa periksa pula bagian sikring dan juga bagian relay apabila terdengar bunyi klek-klek pada saat kalian memutar kunci kontak ke bagian Start.

4. Lakukan Jumper Aki Mobil

Dan cara memperbaiki dinamo starter yang rusak berikutnya adalah dengan cara melakukan jumper aki mobil. Loh kenapa harus di jumper ? karena pada dasarnya dinamo starter mobil akan berputar ketika ada arus listrik yang mencukupi pada bagian aki mobil. Dan jika arus tersebut kurang, maka salah satu caranya adalah menjumper aki mobil.

Untuk panduan cara jumper aki mobil yang baik dan benar silahkan kalian simak pada pembahasan otoflik.com sebelumnya. Karena sudah kami sampaikan secara rinci.

Nah itulah kiranya panduan mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak serta beberapa masalah yang sering terjadi dan penyebab dinamo starter mobil rusak. Semoga informasi diatas bisa menjadi refernensi yang menarik untuk kalian simak. Sekian dan terimakasih.

Tags: ,