8 Ciri Ciri Koil Mobil Lemah dari Efek dan Cara Mengatasi

Ciri Ciri Koil Mobil Lemah – Meski saat ini sudah banyak beredar mobil listrik yang digadang-gadang akan menjadi salah satu jenis mobil masa depan. Namun popularitas mobil konvensional dengan sistem pengapian masih tetap menjadi pilihan.

Selain harga yang relatif lebih murah dibanding HARGA MOBIL LISTRIK. Perawatan dan juga daya tahan mesin serta tenaga yang dihasilkan sudah terbukti tangguh dan mampu menemani pemiliknya bertahun-tahun.

Kemampuannya dalam memberikan tenaga yang maksimal memang akan selalu dihadapkan dengan urusan mesin. Namun apakah kalian tahu bahwa di dalam sistem mesin mobil, terdapat satu komponen yang juga turut berperan penting?.

Yah komponen yang otoflik maksud tersebut adalah koil mobil. Terbuat dari bahan elemen khusus yang diproses dan dibentuk dengan sedemikian rupa, sebisa mungkin koil benar-benar harus dijaga kondisinya agar tidak lemah atau rusak.

Ciri Ciri Koil Mobil Lemah dan Cara Mengatasi

Mengingat fungsinya yang sangat penting dalam sistem pengapian mobil. Kondisi koil mobil lemah atau bahkan rusak akan menyebabkan cukup banyak masalah terkait performa mobil itu sendiri. Nah pertanyaannya, seperti apa sih ciri ciri koil mobil lemah atau rusak?.

Fungsi Koil Mobil

Fungsi Koil Mobil

Mungkin sebagian flikemania sudah paham benar dengan apa fungsi utama dari koil mobil. Namun kami yakin ada beberapa pengunjung baru yang mungkin belum tahu fungsi utama koil mobil.

Nah fungsi koil di dalam rangkaian pengapian mobil sendiri sebagai media penghasil listrik bertegangan tinggi antara 20k – 30k volt. Tegangan tinggi inilah yang nantinya akan diteruskan ke bagian busi untuk di konversi menjadi percikan bunga api di dalam ruang pembakaran.

Efek Timbul Saat Koil Mobil Lemah

Efek Timbul Saat Koil Mobil Lemah

Dari penjelasan singkat di atas, kemungkinan sudah bisa paham betapa pentingnya komponen koil mobil ini. Dengan tugasnya menghasilkan tegangan listrik besar untuk membuat percikan api di dalam busi sempurna. Otomatis kondisi koil mobil benar-benar harus di jaga.

Jika tidak, sudah pasti akan banyak efek samping dan timbul masalah pada mobil. Nah beberapa masalah ketika koil mobil sudah mulai lemah atau bahkan rusak antara lain seperti :

  • Tenaga mesin mulai berkurang.
  • Mesin mobil brebet / pincang.
  • Saat mesin dingin (biasanya di pagi hari) mobil akan sulit di hidupkan.
  • Boros penggunaan bahan bakar.
  • Dan sering mati mendadak.
READ  Ban Mobil Habis Sebelah ? 6 Penyebab & Cara Mengatasi

Ciri Ciri Koil Mobil Lemah

Tentu dari semua efek buruk di atas tidak akan kita inginkan bukan? Untuk itulah buat para pemilik mobil harus tahu apa saja ciri-ciri koil mobil lemah atau bahkan rusak. Apabila kalian belum mengetahuinya, jangan bingung.

Sebab di bawah ini akan otoflik.com rangkum dan jelaskan apa saja hal yang bisa menjadi indikasi dan ciri ciri koil mobil lemah. Jadi buat yang penasaran mari langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Percikan Api Busi Kecil

Percikan Api Busi Kecil

Salah satu ciri mungkin akan bisa kalian amati ketika kondisi koil mobil sudah lemah adalah bagian busi. Karena seperti yang sudah kami singgung di atas, koil mobil menjadi bagian paling penting di sektor pembakaran.

Saat busi mengeluarkan percikan api sangat kecil meskipun sudah di ganti dengan BUSI MOBIL baru tetapi percikan masih kecil. Maka bisa dipastikan itu tanda dan ciri ciri koil mobil lemah.

2. Koil Panas

Koil Mobil Panas

Dibuatkan koil dengan menggunakan elemen khusus seperti otoflik singgung di awal dan dibuat dalam satu lilitan primer dan sekunder. Menjadikan kondisi ini seharusnya aman dari panas yang berlebih.

Namun jika ternyata dalam satu kasus koil terasa panas, bisa jadi hal tersebut akibat adanya bagian yang sudah mulai melemah. Sehingga suhu panas pun akan mulai meningkat karena tegangan tidak mengalir secara sempurna.

3. Starter Lebih Lama

Starter Lebih Lama

Lalu, salah satu ciri ciri koil mobil lemah berikutnya yakni ada pada sisi mesin. Menjadi bagian yang akan selalu berhubungan dengan pembakaran mesin, sudah bisa dipastikan koil mobil punya peran penting terkait performa dan segala macam urusan dengan mesin.

Jika kondisi koil mobil lemah atau bahkan rusak, hal paling umum dan paling sering dirasakan para pemilik mobil yakni starter mobil sedikit lebih lama atau bahkan sulit.

4. Muncul Percikan Api Pada Koil

Muncul Percikan Api Pada Koil

Dibuatnya koil mobil dari bahan kawat khusus yang terbungkus lapisan isolator dan dibuat menggulung. Menjadikan kondisi kawat akan saling berdempetan satu bagian dengan bagian kawat lainnya.

Nah jika kondisi lapisan kawat terkelupas, sudah bisa dipastikan suhu panas akan meningkat dan juga akan memunculkan percikan api. Jadi saat kalain hidupkan mesin mobil dan melihat adanya percikan api di bagian koil sudah bisa dipastikan itu adalah ciri ciri koil mobil lemah atau rusak.

5. Mesin Mobil Sulit Hidup

Mesin Mobil Sulit Hidup

Tidak saja hanya lama ketika di starter, umumnya ciri ciri koil mobil lemah juga ditunjukan dengan kondisi mesin mobil yang amat sangat sulit di hidupkan. Meski kondisi baterai benar-benar sangat maksimum.

READ  27 Mobil Terbaru 2018 Mesin Terbaik dan Desain Sporty

Atau bahkan saat mobil di dorong untuk dihidupkan namun tetap tidak mau menyala. Ini bisa jadi karena disebabkan adanya kerusakan pada bagian koil mobil tak lagi bekerja dengan sempurna dalam menghantarkan tegangan listrik besar ke bagian busi.

6. Performa Mesin Tidak Stabil

Performa Mesin Tidak Stabil

Masalah lain yang sering sekali timbul dan muncul saat kondisi koil mobil lemah yaitu performa mesin mobil yang sudah mulai tidak stabil. Bahkan terkadang pada kondisi tertentu akan membuat mesin terasa brebet / pincang saat melaju.

Jika hal ini kalian rasakan saat membawa mobil, segera periksa bagian koil mobil. Karena pada umumnya jika kondisi seperti itu muncul merupakan tanda dan ciri bahwa koil mobil sudah lemah.

7. Mesin Mati Mendadak

Mesin Mati Mendadak

Lebih parah dari ciri-ciri di atas, ketika kondisi koil mobil benar-benar sudah tidak lagi bisa diandalkan karena lemah atau bahkan rusak. Seringkali para pemilik mobil dengan kondisi koil mobil lemah akan membuat mesin mati mendadak.

Kasus ini biasanya sering terjadi karena ketidakpahaman para pemilik mobil. Sehingga membuat mereka akan langsung membawanya ke bengkel untuk mengecek semua bagian terkait mesin mobil.

8. Boros Bahan Bakar

Boros Bahan Bakar

Nah hal yang paling membuat kita merasa aneh ketika kondisi koil mobil sudah lemah yakni pemakaian bahan bakar yang mulai boros. Contoh kasusnya dalam kondisi koil mobil normal dalam satu liter bensin bisa menempuh jarak 70km.

Namun saat kondisi koil mobil lemah hanya sanggup mencapai jarak maksimal sekitar 50 km saja. Jika hal ini sudah mulai kalian rasakan saat membawa mobil, sudah bisa dipastikan ini merupakan ciri ciri koil mobil lemah atau bahkan sudah rusak.

Cara Mengatasi Koil Mobil Lemah

Cara Mengatasi Koil Mobil Lemah

Dari beberapa ciri-ciri di atas, lantas bagaimana sih cara mengatasi koil mobil lemah? Ada beberapa hal yang dapat kalian pakai untuk mengatasi masalah koil mobil lemah, beberapa di antaranya seperti :

  1. Membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan penggantian saat koil mobil benar-benar sudah harus di ganti.
  2. Memberikan cairan anti karat pada sisi koil mobil yang bersentuhan langsung dengan pegas.
  3. Membersihkan ujung pegas pada batang koil.
  4. Menutup bagian koil yang bocor dengan menggunakan lem besi karena punya sifat isolator.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya beberapa ciri ciri koil mobil rusak dan juga cara mengatasinya. Semoga adanya informasi dari otoflik.com di atas akan dapat membuat kalian bisa lebih paham dan tahu apa sebenarnya masalah yang terjadi saat mobil mati mendadak, sulit dihidupkan dan juga lain sebagainya.

Tags: , , ,