Coating Mobil dari Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Coating Mobil – Memiliki sebuah mobil bukan sekedar bisa menggunakannya saja. Melainkan ada banyak hal yang perlu untuk diperhatikan. Salah satu diantaranya adalah perawatan. Hal ini tentu saja dibutuhkan agar mobil tetap bisa memberikan performa terbaik sesuai dengan apa yang diharapkan para pemiliknya.

Di dalam perawatan mobil, mungkin kita akan lebih familiar dengan jenis perawatan mesin, rem, kopling serta komponen mobil lainnya. Yang notabennya selalu mengarah pada keamanan dan keselamatan. Hal tersebut memang menjadi jenis perawatan yang wajar dan harus dilalukan para pemilik agar kinerja mobil tetap prima.

Akan tetapi bagi sebagian pemilik mobil yang ingin selalu tampil beda dari sisi luarnya, perawatan bodi dan cat mobil juga menjadi hal harus di perhatikan. Terlebih lagi jika menginginkan bodi dan cat mobil tersebut tetap terlihat kinclong setiap saat. Tidak heran segala upaya akan dilakukan agar bodi dan cat mobil mereka terlihat sangat menarik.

Dari banyaknya metode yang bisa digunakan untuk memberi sentuhan berbeda pada bagian tersebut. Belakangan ini metode Coating menjadi salah satu hal sedang hangat di perbincangkan. Pasalnya dengan melakukan Coating bodi mobil, bisa dipastikan bahwa hal tersebut akan membuat mobil kalian begitu menarik.

Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan Coating Mobil

Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil

Lantas apa itu coating mobil? serta apa fungsi, kelebihan dan kekurangan dari metode perawatan yang satu ini? Untuk mengetahui lebih jelas dan lebih detail, berikut otoflik.com rangkum dan jelaskan beberapa informasi penting seputar hal tersebut.

Pengertian Coating Mobil

Apa Itu Coating Mobil

Apa itu coating mobil? ini merupakan salah satu metode perawatan bodi dan cat mobil yang dilakukan dengan melapisi seluruh bagian cat pada bodi mobil dengan menggunakan bahan atau produk khusus dengan tujuan untuk membuat lapisan cat bisa terlihat lebih mengkilap.

READ  7 Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Memperbaiki

Dimana bahan dasar pembuatan coating mobil adalah Polysilazane atau polimer. Bahan tersebut akan mampu melekat dan mengeras pada permukaan cat untuk menutup pori-pori. Tidak heran apabila saat ini ada banyak merk coating terbaik yang ditawarkan dengan harga cukup mahal.

Fungsi Coating Mobil

Setelah mengetahui pengertian coating mobil seperti diatas kami jelaskan. Lantas apa sih fungsi dari metode perawatan ini untuk cat mobil? Jika dilihat dari kelebihannnya, ada cukup banyak hal yang bisa didapat ketika perawatan ini telah kalian lakukan. Nah berikut beberapa fungsi coating mobil yang bisa kalian peroleh.

1. Melindungi Cat Mobil dari Goresan

Melindungi Cat Mobil dari Goresan

Fungsi pertama akan kalian dapatkan adalah perlindungan cat mobil lebih maksimal. Mengingat penggunaan coating mobil akan membuat lapisan cat bisa terlindungi dari bahaya-bahaya yang mungkin saja terjadi, seperti halnya terkena goresan atau baret halus.

2. Mempertahankan Kilap Mobil Lebih Tahan Lama

Mempertahankan Kilap Mobil Lebih Tahan Lama

Jika bicara mengenai bodi mobil mengkilap, maka kalian bisa memanfaatkan metode perawatan mobil yang satu ini. Pasalnya lapisan coating memiliki kualitas lebih unggul bila dibandingkan dengan polesan mobil lain seperti halnya Wax ataupun Sealant yang hanya mampu bertahan dalam waktu yang lebih singkat antara 1 sampai 3 bulan saja.

3. Meningkatkan Efek Water Repelient

Meningkatkan Efek Water Repelient

Dengan melapisi bodi cat mobil dengan coating, selain terlihat mengkilap. Kalian juga akan bisa mendapatkan efek. Salah satunya yaitu efek water repelient atau efek seperti daun talas. Jadi bisa kalian bayangkan ketika mobil terkena air hujan atau setelah dicuci, tidak akan ada endapan air yang tersisa dibagian bodi mobil.

4. Melindung dari Sinar Ultraviolet (UV)

Melindung dari Sinar Ultraviolet UV

Perlindungan terhadap cat mobil memang perlu dilakukan, terlebih lagi jika mobil tersebut seringkali berada pada area terbuka yang langsung terpapar sinar ultraviolet dari matahari. Dampak buruk yang akan terjadi biasanya akan membuat cat mudah pudar bahkan mengelupas. Oleh karena itu bagi kalian yang tidak ingin lapisan cat mobil pudar, ada baiknya lapisi cat tersebut dengan lapisan coating.

READ  ✓ Apa Itu Overhaul ? Pengertian, Jenis, Fungsi, Biaya & Ciri Terlengkap

Kelebihan Coating Mobil

Dengan mengetahui beberapa fungsi lapisan coating pada cat mobil seperti kami paparkan diatas. Tentu saja ini akan sangat berguna apabila kalian menginginkan tampilan bodi mobil yang benar-benar maksimal. Karena seperti kami singgung diatas, ada beberapa kelebihan yang bisa didapat ketika mengaplikasikan metode ini pada bodi mobil kalian. Apa saja itu?

  1. Membuat lapisan cat tidak mudah pudar karena terkena paparan sinar matahari langsung apabila kalian sering memarkirkan mobil di area terbuka.
  2. Akan membuat mobil lebih tahan terhadap resistensi barang-barang kimia.
  3. Lapisan coating jauh lebih tahan lama bila dibandingkan dengan lapisan pelindung cat mobil lainnya. Bahkan bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Kekurangan Coating Mobil

Meski banyak kelebihan yang bisa kalian peroleh dari pengaplikasikan coating pada bodi mobil. Namun ada pula kekurangan yang akan kalian peroleh ketika menggunakan metode perawatan ini. Terutama pada saat pengaplikasikan lapisan coating.

Pasalnya untuk mengaplikasikan lapisan coating benar-benar memerlukan ketelitian yang begitu tinggi. Hal tersebut mengingat penggunaan lapisan ini bisa lebih dari 1 kali dan membutuhkan peralatan yang lengkap. Selain itu, kondisi bodi mobil juga harus benar-benar dalam keadaan yang bersih.

Maka dari itu, biasanya dalam proses pengaplikasian coating mobil, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pembersihan bodi mobil dari berbagai macam partikel kotoran. Dan biasanya juga dilakukan pada ruang khusus yang tertutup.

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan seputar coating mobil mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan juga kekurangan yang akan bisa kalian dapatkan. Semoga dengan adanya ulasan diatas akan dapat membuat kalian bisa lebih paham dengan metode perawatan bodi mobil yang satu ini.

Tags: