Harga BMW R18 Classic 2021 : Review, Spesifikasi & Fitur

Harga BMW R18 Classic – BMW Motorrad Indonesia secara resmi merilis serta memperkenalkan satu lagi motor cruiser terbaru mereka bernama BMW R18 Classic. Secara garis besar, motor baru BMW ini datang dengan basis BWM R18 First Edition yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Walau mengusung basis utama dari BMW R18 First Edition, akan tetapi sepeda motor baru BMW yang mengadopsi kesan classic dan retro punya beragam fitur menarik. Termasuk dari desain yang dibuat sedikit berbeda dengan generasi pertamanya di Indonesia.

Tidak hanya terlihat dari tampilan desain yang berbeda, dengan bandrol harga BMW R18 Classic yang lebih mahal. Motor klasik terbaik dari BMW yang satu ini juga punya banyak sekali kelengkapan teknologi canggih, sehingga kesan mewah dan gagah tetap terjaga.

Kemudian hal menarik yang patut kita apresiasi dari BWM R18 Classic juga terlihat pada sektor performa mesinnya. Bagaimana tidak, dengan mahalnya harga jual yang diberikan, BMW juga menyertakan mesin berkapasitas besar sebagai dapur pacu utamanya.

Harga BMW R18 Classic Resmi Indonesia dari Review dan Spesifikasi

Nah bagi kalian yang tertarik dengan sepeda motor BMW R18 Classic serta penasaran seperti apa spesifikasi, fitur dan juga berapa harganya. Berikut sudah otoflik.com rangkum secara rinci berbagai macam info menarik terkait hal tersebut.

Spesifikasi BMW R18 Classic

Mesin
TipeAir/oil cooled two-cylinder four-stroke boxer engine with two chain-driven camshafts above the crankshaft
Diameter x Langkah107.1 mm x 100 mm
Sistem Bahan BakarElectronic intake pipe fuel injection, BMS-K+ electronic engine management with overrun cut-off, twin-spark ignition
Power Maksimum91 hp at 4,750 rpm
Torsi Maksimum116 lb-ft at 3,000 rpm
Volume Silinder1,802 cc
Rasio Kompresi9.6 : 1
Maksimum KecepatanLebih dari 111 Mph
Transmisi6-speed transmission dengan Shaft drive
Rangka Bodi
FrameDouble-cradle steel frame
Ukuran (P X L X T)96.1″ x 38.0″ x 52.8″
Jarak Sumbu Roda68.1″
Kapasitas Tangki16 Liter
Tinggi Tempat Duduk690 mm
Berat345,2 kg (tanpa muatan dan bahan bakar)
Kaki-Kaki
Ban Depan130/90 B16
Ban Belakang180/65 B16
Dimensi Velg Depan3.00″ x 16″
Dimensi Velg Belakang5.00″ x 16″
Rem DepanTwin disc brakes, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper
Rem BelakangSingle disc brake, diameter 300 mm,  fixed caliper
Sistem PengeremanABS
Sistem ABSBMW Motorrad Integral ABS (partially integral)
READ  Harga Selis New Balis 2021 : Review, Spesifikasi, Fitur & Warna

Review BMW R18 Classic

Review BMW R18 Classic

Mengenai BMW R18 Classic, mari kita bahas bersama disini. Hal pertama yang akan kita bahas terkait sektor desain dari motor cruiser terbaik BMW. Tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu motor berkelas dengan gaya classic, BWM R18 Classic punya keunggulan pada sektor desain.

Jika dibandingkan generasi pertama, BMW R18 Classic punya postur lebih besar. Menariknya lagi, jika pada generasi pertama BMW Motorrad hanya menempatkan satu jok. Namun tidak untuk generasi baru ini, karena BMW sudah melengkapinya dengan jok penumpang di bagian belakang.

Kemudian hadir sebagai motor klasik terbaik, BMW R18 Classic edition ini juga punya pembeda dari seri pertamanya. Pembeda tersebut ada pada bagian depan dengan adanya tambahan dua buah lampu kabut berbentuk bulat dibagian kiri dan kanan bawah headlamp utamanya.

Tepat di bagian bawah dua lampu kabut LED tersebut bisa flikermania lihat terdapat dua buah lampu sinyal belok atau sein yang tak lagi melekat pada stang kemudi. Hal ini tentu menjadikan kesan retro terasa begitu melekat pada BMW R18 Classic.

Performa Mesin BMW R18 Classic

Sebanding dengan harga BMW R18 Classic yang ditawarkan. Pada bagian belakang BMW juga menyematkan sebuah tambahan saddle bag yang disematkan untuk menambah daya tampung barang bawaan.

Lanjut pada bagian performa, tidak jauh berbeda dengan BMW R18 generasi pertama. Dimana motor BMW R18 Classic ini juga disertai adanya mesin boxer berkapasitas besar di sepanjang sejarah BMW Motorrad dalam memproduksi sepeda motor yaitu 1.802 cc dengan 2 buah silinder.

Tidak tanggung-tanggung mesin berkubikasi besar ini telah di topang adanya diameter bore mencapai 107.1 mm dengan diameter stroke 100 mm. Dari penempatan mesin tersebut, memungkinkan BMW R18 Classic meraih tenaga maksimal 91 HP pada 4.750 rpm.

Sedangkan torsi puncak yang bisa diperoleh yakni 157 Nm yang keluar pada rentang 2.000 –  4.000 rpm. Diatas kertas bahkan mesin ini sanggup mendapatkan top speed 178 km/jam. Untuk memaksimalkan tenaganya, BMW menyertakan pula sebuah sistem pendingin udara.

Desain BMW R18 Classic

Melihat harga BMW R18 Classic yang dijual begitu mahal, bahkan lebih mahal dari harga BMW R18 first edition. BMW juga telah dibubuhi adanya gearbox 6 percepatan dan bukan sembarang gearbox. Kenapa demikian? karena pada bagian gearbox ini BMW menyematkan fitur sensor MSR.

Fitur ini memungkinkan para pengendara dapat dengan mudah mengurangi efek engine brake terlalu heboh disaat downshifting dari putaran mesin tinggi. Lalu dengan harga BMW R18 Classic yang mahal tersebut, bagaimana sektor keamanan dan kaki-kakinya?

READ  30 Harga Mobil BMW Termahal dan Terbaru di Indonesia 2021

Menjawab pertanyaan tersebut, seperti terlihat pada tabel spesifikasi BMW R18 Classic diatas, roda depan berukuran 130/90 B16 sudah dijaga dua cakram berukuran 300 mm dengan 4-piston fixed caliper. Dan bagian belakang sudah dijaga satu cakram berukuran 300 mm dengan fixed caliper.

Tidak tanggung-tanggung, teknologi seperti ABS juga telah disematkan pada kedua sistem pengereman tersebut. Sehingga pengendara tidak perlu lagi mencemaskan soal keamanan saat berkendara meskipun melakukan pengereman secara mendadak.

Fitur Unggulan BMW R18 Classic

Fitur BMW R18 Classic

Nah bicara soal fitur, sejauh ini informasi yang dapat otoflik rangkum dari berbagai sumber menjelaskan bahwa ada begitu banyak fitur disematkan BMW pada bagian satu ini. Termasuk adanya 3 mode berkendara yaitu :

  • Mode Rain : Untuk mengaktifkan kontrol traksi dalam sensitivitas. optimum
  • Mode Roll : Diperuntukan ketika kalian sedang menggunakan BMW R18 Classic pada jalur perkotaan atau di aspal kering.
  • Mode Rock : Untuk mengurangi sensitivitas kontrol traksi dan respons gas.

Selain mode berkendara, ada pula beberapa fitur yang bisa dibilang cukup menarik untuk bisa kalian ketahui dari BMW R18 Classic, beberapa fitur tersebut meliputi:

  • Keyless
  • Lampu full LED
  • Cruise Control
  • Automatic Stability Control
  • ABS Integral (2-channel)
  • Reverse Assist (fitur mundur)

Harga BMW R18 Classic

Harga BMW R18 Classic

Dari penjelasan diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa harga BMW R18 Classic benar-benar akan ditawarkan dengan cukup malah? Pertanyaannya apakah harga yang ditawarkan sama dengan generasi pertama?.

Sebagai gambaran, penawaran harga jauh lebih mahal sekitar 100 juta rupiah dari generasi awal R18 di Indonesia. Jadi jika ditanya berapa harga motor BMW R18 Classic resmi Indonesia? Silahkan lihat di dalam tabel berikut ini.

Tipe Motor
Harga OTR
BMW R18 ClassicRp 1.069.000.000 (off the road)

Itulah harga motor BMW R18 Classic resmi di Indonesia setelah BMW Motorrad Indonesia memperkenalkannya belum lama ini. Bagaimana apakah masih tertarik dengan motor retro BMW yang satu ini? Jika iya langsung saja datangi dealer resmi motor BMW di daerah kalian.

Harga BMW R18 Classic

IDR 1069000000
9.8

Performa

9.9/10

Eksterior

9.8/10

Interior

9.8/10

Keamanan

9.8/10

Kenyamanan

9.8/10

Kelebihan

  • Desain Mewah Berkelas
  • Desain Retro & Classic
  • Fitur Super Lengkap

Kekurangan

  • Harga Mahal
Tags: , , , , ,