8 Mobil Listrik Buatan Indonesia Terbaik & Keren 2021

Mobil Listrik Buatan Indonesia – Industri otomotif memang hampir sarat dengan beragam kabar menarik, menantang dan juga mengagetkan. Ada banyak sekali hal-hal baru yang bisa kita dapat terkait dalam industri ini. Nah yang paling hangat beberapa waktu belakangan ini yakni keberadaan mobil listrik.

Advertisements

Salah satu jenis mobil yang digadang-gadang akan menjadi mobil masa depan sekaligus menggantikan posisi mobil konvensional sekarang. Mobil listrik di era sekarang bisa dibilang sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Terutama bagi para pecinta otomotif.

Kepopuleran mobil listrik sendiri tidak terlepas dari terus di kembangkannya teknologi, fitur serta desain menarik dari para produsen pembuat. Bahkan salah satu produk mobil listrik terbaik dari Hyundai yakni HYUNDAI KONA ELECTRIC pun sudah bisa kita miliki saat ini.

Advertisements

Meski sudah memiliki popularitas besar baik di mancanegara maupun di Indonesia. Akan tetapi harga mobil listrik di Indonesia masih begitu mahal. Hal tersebut mungkin dikarenakan jumlah produksi masih terbatas. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya bisa sepadan dengan mobil-mobil konvensional saat ini.

Mobil Listrik Buatan Indonesia Terbaik

Bicara mengenai mobil listrik, apakah kalian tahu bahwa Indonesia juga punya beberapa karya mobil listrik terbaik. Bahkan beberapa mobil listrik buatan Indonesia cukup menarik untuk kita kulik. Nah apa saja kiranya deretan mobil listrik buatan Indonesia?.

Daftar Mobil Listrik Buatan Indonesia

Nah buat flikermania jika merasa penasaran apa saja kiranya daftar mobil listrik buatan Indonesia yang cukup menarik perhatian banyak masyarakat. rasanya tepat sekali berada di sini, sebab sesuai judul di atas, berikut adalah daftar mobil-mobil listrik buatan Indonesia.

1. Fin Komodo Bledhex

Fin Komodo Bledhex

Mobil listrik buatan Indonesia pertama yang akhir-akhir ini cukup menarik perhatian adala Fin Komodo Bledhex. Mobil unik Fin Komodo Bledhex dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid beberapa waktu lalu 2021. Desain unik dan beda dari kebanyakan MOBIL LISTRIK yang ada sekarang membuatnya begitu memukau.

Apalagi diatas kertas Fin Komodo Bledhex diketahui mampu menawarkan tenaga maksimal 26.8 HP dengan torsi maksimal 70 Nm. Di sisi lain, baterai mobil Fin Komodo Bledhex diketahui dapat terisi penuh selama 3 jam dari 0 – 100% dan sanggup membawa hingga 150 km jalur off road serta 200 km jalur on road.

Dilengkapi spidometer full digital serta layar sentuh menjadi modal utama fitur unggulan dari Fin Komodo Bledhex. Hal tersebut pun membuat harga jualnya tergolong mahal. Karena dari info yang otoflik dapat, Fin Komodo Bledhex ditawarkan dengan kisaran harga Rp 300 – Rp 350 juta.

2. Tucuxi

Tucuxi

Merupakan buatan dari Danet Surayatama, mobil listrik buatan Indonesia bernama Tucuxi memang sempat viral pada tahun 2012 silam. Bagaimana tidak, desain begitu mewah, unik serta modern benar-benar membuat mata tidak bisa berpaling dari mobil ini.

READ  20 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor & Mobil 2021

Tidak tanggung-tanggung, dibuat oleh anak bangsa terbaik. Tucuxi masuk dalam kategori mobil listrik bertenaga besar. Sebab di atas kertas mobil ini punya tenaga sebesar 268 Hp atau setara dengan mobil konvensional berkapasitas 3.000 cc.

Untuk menyuplai motor listriknya, Tucuxi dibekali baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) yang dapat di isi hanya dalam waktu 3-5 jam hingga penuh. Dengan semua perpaduan teknologi di dalamnya, mobil listrik buatan anak bangsa ini sanggup menempuh jarak hingga 321 km.

3. Blits

Blits

Lalu ada lagi mobil listrik bernama Blits. Hampir sama seperti Fin Komodo Bledhex, Blits hadir membawa desain unik, serta gagah. Selain mengutamakan kualitas desain, ternyata mobil listrik yang digadang-gadang akan menjadi salah satu mobil balap di ajang Reli Dakar 2021 juga punya spesifikasi mumpuni.

Dimana dari kutipan data yang ada, disebutkan bahwa mobil listrik Blits ditenagai mesin listrik BLDC Axial Motor berdimensi 30 x 12 mm . Mesinnya sanggup menawarkan power 55 kW dengan torsi puncak sebesar 75 Nm serta mampu mendapatkan suplai arus listrik sebesar 400 volt.

Sementara untuk penyuplai tenaganya, Blits memiliki bekalan baterai Li-ion berkapasitas 18.650 dengan penyimpanan maksimal hingga 350 volt serta memiliki output 90 kWh. Dan untuk bobot keseluruhan mobil listrik buatan Indonesia ini kurang lebih sekitar 25 kg.

Advertisements

4. Bus Ahmadi

Bus Ahmadi

Beda dari mobil listrik buatan Indonesia di atas. Ahmadi merupakan sebuah bus listrik yang begitu mumpuni. Bagaimana tidak, bus listrik ramah lingkungan Ahmadi sudah dibekali tenaga baterai 132 sel Lithium Ferophospat berdaya maksimal 150 kwh.

Baterai tersebut di klaim sanggup memberi suplai terbaik untuk mesin bertenaga 294 Tk. Dengan mesin besar inilah, membuat mobil listrik Ahmadi dapat melaju dengan kecepatan maksimal 80 km /jam.

Sayangnya dengan begitu besarnya kapasitas baterai tersebut. Membuat proses pengisian dayanya begitu lama. Bahkan bisa mencapai 7-10 jam untuk membuat baterai tersebut terisi penuh. Dan dengar-dengar harga bus Ahmadi ini ditawarkan sekitar Rp 1.2 miliar rupiah.

5. Gendhis

Gendhis

Deretan mobil listrik buatan Indonesia memang tak kalah menarik dari kebanyakan mobil listrik di era sekarang. Apalagi untuk tipe mobil bernama Gendhis, punya tampang dan desain layaknya Toyota Alphard, Gendhis merupakan mobil buatan Dasep Ahmadi yang sempat dikembangkan pada tahun 2013 silam.

Mobil yang masuk ke dalam keluarga MOBIL MPV mewah, sangat cocok dipilih untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. Dirancang dengan 6 kursi penumpang serta memiliki pintu sliding door membuatnya terkesan begitu mewah.

Untuk urusan dapur pacu, tidak bisa di pungkiri semua komponen serta bagian yang ditawarkan mampu memberi kenyaman terbaik bagi siapapun penggunanya. Akan tetapi, mobil ini masih tetap kalah tenar dengan mobil konvensional dari Eropa maupun Jepang.

READ  Harga Renault Zoe 2021 : Review, Spesifikasi, Fitur & Warna

6. E&C

Mobil Listrik EC

Selanjutnya ada mobil listrik buatan Indonesia bernama E&C. Sebuah mobil yang di buat dan di gagas oleh mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya beberapa waktu silam. Selama karya ini begitu melambung, tidak sedikit masyarakat tertarik untuk mencicipi dan mencobanya.

Hal tersebut tak terlepas dari adanya pemakaian dapur pacu cukup mumpuni. Dimana mobil yang hadir dengan konsep Battery Management System (BMS) setidaknya sudah dilengkapi mesin listrik powerfull dengan dukungan baterai Lithium Polymer (LiPo) kapasitas 48 Volt 5 KWh.

Selain itu, jika dilihat dari sisi luar, mobil listrik buatan Indonesia E&C juga tak kalah menarik dari mobil – mobil listrik pada umumnya. Karena fitur utama seperti head lamp yang berfungsi sebagai lampu utama, sein, kota, serta lampu kabut pun sudah diberikan di bagian depannya.

7. Selo

Mobil Listrik Selo

Selo merupakan mobil listrik buatan Indonesia paling canggih, paling keren, dan paling mewah. Mobil buatan Ricky Nelson dipamerkan pada tahun 2013 lalu merupakan mobil listrik bergaya sport dengan desain layaknya mobil premium Lamborghini.

Sebanding dengan desain mewahnya tersebut, pada bagian dapur pacu, mobil listrik buatan anak bangsa bernama Selo ternyata memiliki motor listrik dengan tenaga maksimal mencapai 182 HP / 130 kw. Motor listrik tersebut ditenagai sebuah baterai berkapasitas tinggi.

Dimana baterai tersebut sanggup diisi maksimal selama 4 jam dan baterai tersebut diketahui sanggup digunakan untuk menjelajah sejauh 250 km. Dan selama baterai full maka mobil Selo sanggup melaju hingga kecepatan maksimal 220 km/jam.

8. Hevina

Mobil Listrik Hevina

Dan mobil listrik buatan Indonesia terakhir adalah Hevina. Sebuah mobil bergaya sedan yang diproduksi dan di kembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada beberapa tahun lalu. Namun mobil ini diperkenalkan pada tahun 2013 silam.

Dari data yang ada, diketahui apabila mobil listrik Hevina memiliki tenaga maksimal mencapai 62 HP. Sementara untuk torsi puncak diraihnya sebesar 156 Nm. Dari hasil tersebut bisa ditebak bahwa mobil Hevina tentu punya bekalan motor listrik berkualitas tinggi.

Apalagi jika kita lihat dari kecepatan maksimal bisa diraih Hevina. Untuk flikermanania yang ingin tahu, dengan dukungan mesin bawaannya, Hevina mampu melaju dengan kecepatan maksimal 140 km/jam. Sayangnya sampai sekarang produksi mobil Hevina nampaknya masih belum terealisasikan.

Akhir Kata

Itulah kiranya beberapa deretan mobil listrik buatan Indonesia yang bisa dibilang terbaik dan berkualitas tinggi. Jadi jika nantinya beberapa mobil listrik di atas mulai diproduksi dan dipasarkan, otoflik rasa cukup layak untuk dimiliki. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Advertisements

Tags: , , ,