√ Oli Kompresor AC Mobil 2021: Jenis, Fungsi, Harga, Ganti & Bahaya

Oli Kompresor AC Mobil – Berkendara menggunakan mobil terus menjadi hal yang selalu di inginkan banyak orang. Hal tersebut karena moda transportasi yang satu ini memiliki cukup banyak kelebihan. Salah satunya adalah terhindarnya dari terik matahari, angin dan juga derasnya air hujan.

Disamping itu berkendara dengan menggunakan mobil juga memungkinkan untuk membawa penumpang serta barang bawaan yang lebih banyak dalam sekali jalan. Hanya saja tidak semua orang yang menginginkan untuk memiliki mobil bisa terpenuhi karena harga mobil yang mahal.

Nah jika bicara mengenai kenyamanan berkendara dengan menggunakan mobil. Kita semua tahu bahwa saat ini hampir kebanyakan mobil memiliki fasilitas ac mobil untuk menambah kesan nyaman saat berkendara. Dimana ac mobil sendiri merupakan serangkaian alat yang tersusun dari beberapa komponen.

Dan dari semua komponen ac mobil, salah satu yang paling penting adalah kompresor ac mobil. Karena jika komponen ini mati, maka kalian tidak akan pernah bisa merasakan dinginnya hembusan udara segar dari ac mobil tersebut.

Jenis, Fungsi, Harga, Bahaya dan Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Oli Kompresor AC Mobil dari Jenis Fungsi Harga Ganti dan Bahaya

Melihat peranan penting komponen tersebut, sudah semestinya kita harus merawat dan menjaga kondisinya agar tetap baik. Salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan kondisi oli kompresor ac mobil. Membahas hal tersebut, kali ini otoflik akan jelaskan mengenai fungsi, jenis, penggantian, harga dan juga bahaya oli kompresor ac mobil.

Fungsi Oli Kompresor AC Mobil

Dalam penggunananya sebenarnya fungsi oli kompresor ac mobil tidak jauh berbeda dengan fungsi oli mesin atau oli gardan. Yang dimana bertujuan untuk melumasi bagian dalam kompresor ac mobil supaya tidak mudah rusak. Selain itu fungsi lain dari oli  tersebut untuk membuat bunyi kompresor saat berputar atau bekerja tidak terlalu berisik.

READ  14 Fungsi dan Jenis Blok Silinder Mesin Pada Kendaraan 2021

Jenis Oli Kompresor AC Mobil

Dalam penggunananya, sampai dengan saat ini terdapat cukup banyak jenis kompresor ac mobil yang umum digunakan. Dan dari semua jenis tersebut, perlu penggunaan jenis oli yang berbeda-beda. Untuk memahami hal tersebut, berikut kami berikan info lengkap mengenai jenis oli kompresor ac mobil.

ND-Oil 8

Jenis ND Oil 8

Jenis yang pertama adalah ND-Oil 8. Umumnya penggunaan jenis oli kompresor ac mobil yang satu ini digunakan pada tipe kompresor piston dan rotary atau scroll & SV yang biasanya memakai jenis refrigerant R134A.

ND-Oil 9

Jenis ND Oil 9

Kemudian ada juga jenis ND-Oil 9. Penggunannya jenis ini lebih di peruntukan pada tipe kompresor ac mobil Vane yang cenderung memiliki penggunaan refrigerant atau freon R134A.

ND-Oil 11

Jenis ND Oil 11

Dan jenis oli kompresor ac mobil yang berikutya adalah ND-Oil 11. Untuk jenis yang satu ini lebih diperuntukan pada kompresor bertipe electric driven scroll dengan penggunan freon atau refrigerant R134A dan atau refrigerant R1234YF.

ND-Oil 12

Jenis ND Oil 12

Jenis yang terakhir adalah ND-Oil 12. Hampir sama seperti ND-Oil 08,  pemakaian oli ini lebih ditekankan untuk tipe kompresor piston and rotary yang memiliki penggunaan freon bertipe R123YF dan atau R134A.

Penggantian Oli Kompresor AC Mobil

Cara Tambah dan Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Meski memiliki peran yang cukup penting untuk membuat ac mobil bisa bekerja dengan sempurna. Namun terkadang banyak pemilik mobil yang tidak terlalu mengabaikan kondisi oli kompresor ac mobil ini.

Padahal sama seperti komponen mesin mobil pada umumnya, penggantian oli kompresor ac mobil sebenarnya perlu untuk selalu diperhatikan. Terutama untuk penambahan oli ataupun penggantian oli.

Dimana ketentuan penggantian oli tersebut di tentukan dengan jarak tempuh mobil di setiap 20.000 km. Atau ketika kompresor ac mobil sudah mulai berisik saat ac di nyalakan.

READ  23 Mobil Cina Terbaik Harga Murah Terbaru 2021

Adapun untuk prosedur cara tambah atau mengganti oli kompresor ac mobil bisa dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut ini.

  1. Kosongkan terlebih dahulu freon ac mobil.
  2. Kemudian lepas kompresor dari dudukannya.
  3. Setelah terlepas, silahkan tumpahkan oli yang ada di dalam ke wadah dengan cara membalik dan memutar kompresor.
  4. Jika diperlukan semprot dengan menggunakan angin bertekanan agar oli lama bisa habis.
  5. Lalu masukan atau tuangkan oli baru ke dalam kompresor, biasanya di isi dengan kisaran 100 cc.
  6. Sesudah terisi penuh, pasang kembali kompresor ke dudukan seperti sediakala.

Bahaya Kompresor AC Mobil Kelebihan Oli

Bahaya Kelebihan Oli Kompresor AC Mobil

Setelah mengetahui fungsi, jenis dan cara ganti dan tambah oli kompresor ac mobil seperti otoflik.com sampaikan diatas. Ada satu hal lagi yang perlu kalian pahami terkait oli yang satu ini, yaitu terkait bahaya terlalu banyak menungkan oli ke dalam kompresor. Dimana beberapa bahaya tersebut melitputi;

  1. Tabung drayer mengalamai mampet yang membuat sirkulasi feron terhambat.
  2. Membuat tidak sempurnanya hembusan suhu dingin angin yang keluar di dalam kabin.
  3. Dan tentunya membuat beberapa komponen mengalami kerusakan lebih cepat.

Harga Oli Kompresor AC Mobil

Harga Oli Kompresor AC Mobil

Lalu berapa kiranya harga oli kompresor ac mobil? tentunya harga yang bisa kalian dapatkan akan berbeda-beda sesuai dengan jenis, ukuran, dan juga merknya. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian lihat informasi mengenai harga terbarunya di bawah ini.

Merk & TipeUkuranHarga
ND Oil 8 Tokyo Jepang HFC 134a250 mlRp 37.000
Oli Pro R1341 literRp 47.500
Emkarate RL32H1 literRp 55.000
Emkarate R134A1 literRp 35.000
Paoil Pag68 R1341 literRp 265.000

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan seputar oli kompresor ac mobil dari jenis, fungsi, penggantian, harga dan juga bahaya kelebihan oli kompresor ac mobil. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi yang menarik untuk disimak.

Tags: , ,