8 Perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX 2021

Perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX – Motor matic masih menjadi pilihan yang cukup menggiurkan bagi sebagian besar orang. Ada begitu banyak opsi motor matic bisa kita pilih, mulai dari motor matic biasa hingga motor matic premium lengkap dengan fitur, spesifikasi dan juga desain mewah.

Honda PCX serta Yamaha Nmax masih menjadi skuter premium yang mungkin terus mendapat perhatian banyak konsumen meski dari sisi harga, dua motor matic bongsor ini sama-sama dibanderol mahal. Meski demikian, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Melihat akan kelebihan serta kekurangan tersebut, tidak bisa kita pungkiri tentu ada banyak konsumen yang bimbang dalam menentukan pilihan apakah mau beli Yamaha Nmax atau Honda PCX. Terlebih lagi kedua skuter bongsor Nmax dan PCX juga punya varian baru yang dirilis tahun 2021 ini.

Banyak fitur serta teknologi baru disematkan pada dua motor bongsor Nmax dan PCX yang memiliki fungsionalitas tinggi. Tidak heran informasi mengenai perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX pun terus banyak di cari, terutama bagi para calon pembeli yang masih bimbang.

Perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX

Jika flikermania adalah salah satunya, kami rasa sekarang sudah tak perlu lagi merasa bimbang. Karena pada artikel ini, otoflik akan menjelaskan secara rinci apa saja perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX. Dengan begitu nantinya kalian tidak perlu bimbang lagi ketika ingin membelinya.

Spesifikasi Yamaha Nmax vs Honda PCX

Spesifikasi Yamaha Nmax vs Honda PCX

Perbandingan atau perbedaan paling mendasar antara Honda PCX dan Yamaha Nmax mungkin akan bisa dilihat dari sisi spesifikasi. Meski sama-sama menggunakan tipe mesin 4 langkah, namun keduanya punya perbedaan pada teknologi utamanya.

Jika Yamaha Nmax memakai teknologi Blue Core VVA di mesin 155 cc, sementara Honda PCX masih tetap mengandalkan teknologi eSP di mesin 156,7 cc. Meski ada perbedaan penggunaan kapasitas mesin, akan tetapi performa daya maksimum serta torsinya tidak terpaut atau berbeda jauh.

KategoriYamaha NmaxHonda PCX
Tipe Mesin4-Langkah, SOHC4-Langkah, 4-Valve, eSP+
Tipe PendinginPendingin CairanPendingin Cairan
Kapasitas155 cc156,9 cc
Diameter X Langkah58 x 58.7 mm60 x 55,5 mm
Perbandingan Kompresi11.6 : 112:1
Daya Maksimum11.3 kW / 8000 rpm11,8 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13.9Nm / 6500rpm14,7 Nm / 6.500 rpm
Suspensi DepanTeleskopikTeleskopik
Suspensi BelakangUnit SwingSuspensi Belakang Ganda
Ban Depan110/70 – 13 M/C 48P110/70 – 14 M/C Tubeless
Ban Belakang130/70 – 13 M/C 63P130/70 – 13 M/C Tubeless
Rem DepanHydraulic Single Disc BrakeCakram Hidrolik
Rem BelakangHydraulic Single Disc BrakeCakram Hidrolik

Perbedaan Yamaha NMAX dan Honda PCX

Perbedaan YAMAHA NMAX dan HONDA PCX bisa dibilang cukup banyak, selain dari sektor desain. Motor bongsor premium ini juga punya beberapa perbedaan lain pada sisi performa mesin, fitur, spesifikasi varian dan juga harga terbarunya. Kalian dapat melihat detail lengkapnya pada pembahasan berikut.

1. Desain Sporty vs Elegant

Desain Sporty vs Elegant

Sama – sama hadir untuk mengisi segmentasi pasar yang sama. Akan tetapi jika kita bicara soal desain, baik Nmax maupun PCX memiliki perbedaan arah desain. Jika Yamaha Nmax masih fokus dan tetap menunjukan kesan sporty. Tidak dengan Honda PCX yang lebih menonjolkan kesan elegant.

READ  15 Asuransi Mobil Terbaik dan Tips Memilih yang Tepat

Nuansa berbeda juga begitu terasa pada Fascia bagian depan terutama pada sektor desain lampu utamanya. Dimana pada sisi ini, Yamaha Nmax masih tetap mempertahankan desain lampu utama pada satu titik dengan bagian lampu sein terpisah dan diletakan pada bagian bodi sampingnya.

Sementara jika melihat Fascia pada Honda PCX, pabrikan motor asal Jepang ini tetap mempertahankan ciri khas pada bagian lampu depan yang dibuat dengan bentuk melingkar mengikuti bodi. Sementara itu lampu sein pun sudah dibuat menyatu.

Namun dibalik perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX pada sektor desain dengan penawaran sporty dan elegant tersebut. Keduanya sama-sama sudah mengusung teknologi LED sebagai penerangannya. Lantas mana yang harus dipilih? Jika melihat sektor desain, tentu selera orang akan berbeda-beda.

2. Performa Mesin Blue Core VVA vs eSP

Performa Mesin Blue Core VVA vs eSP

Hal menarik jika kita bahas mengenai perbandingan Yamaha Nmax dan Honda PCX tentu saja ada pada sektor performa mesin yang ditawarkannya. Seperti di atas kami singgung, Honda PCX generasi terbaru memiliki bekalan mesin berkapasitas 160 cc serta dilengkapi teknologi eSP+.

Penggunaan tersebut menjadikan Honda PCX dapat menyemburkan tenaga hingga 11,8 kW pada 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Sementara untuk Yamaha Nmax hanya menawarkan dapur pacu berkapasitas 150 cc dengan teknologi Blue Core VVA.

Dimana teknologi Blue Core VVA yang digabung dengan mesin 150cc tersebut menjadikan Yamaha Nmax hanya mampu menyemburkan tenaga 11.3 kW pada 8000 rpm serta torsi puncak maksimumnya mencapai 13.9Nm pada 6500 rpm. Jadi melihat perbandingan ini, kita bisa ambil kesimpulan bahwa performa lebih unggul Honda PCX.

3. Fitur Nmax vs PCX

Fitur Nmax vs PCX

Geser pada perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX dari sisi fitur. Bisa dibilang keduanya sama-sama dipersenjatai sejumlah fitur modern, canggih dan fungsionalitas. Namun bagi sebagian besar orang, kelengkapan fitur tentu menjadi salah satu faktor penentu untuk memilihnya.

Dan berikut adalah beberapa fitur unggulan milik Yamaha Nmax serta Honda PCX dapat kalian peroleh ketika menjadikannya sebagai pilihan.

Honda PCX

  • Idling Stop System (ISS).
  • Kontrol traksi Honda Selectable Torque Control (HSTC).
  • Serta sudah mengusung teknologi sistem kunci kontak Honda SMART Key.
  • Kompartemen depan tersemat soket USB.
  • Kapasitas bagasi begitu luas dengan kapasitas 30 liter.
  • Lalu di bagian panel clusternya sudah mengadopsi full digital.

Yamaha Nmax

  • Start Stop System (SSS).
  • Traction Control System (TCS)
  • Communication Control Unit (CCU).
  • Smart Key System.
  • Adanya Electric Power Socket.
  • Adjustable Suspension.
  • Kemudian pada panel cluster juga sudah full digital.
  • Y-Connect untuk keperluan konektivitas dengan aplikasi di Smartphone.

Apabila melihat detail fitur di atas, memang tidak hampir berbeda jauh. Namun menurut kami Yamaha Nmax jauh lebih menarik jika dilihat dari sisi fitur. Namun kembali ke selera masing-masing, perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX dari sisi fitur tentu bisa kalian sesuaikan.

4. Dimensi PCX vs Nmax

Dimensi PCX vs Nmax

Perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX berikutnya akan terlihat pada sisi dimensi dari dua motor matic bongsor ini. Dimana jika mengacu pada tabel spesifikasi dua skuter tersebut lewat situs resmi masing-masing. Maka otoflik bisa simpulkan bahwa dimensi jauh lebih kecil Yamaha Nmax.

Hal tersebut secara umum bisa kita sampaikan karena Yamaha Nmax punya dimensi panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.160 mm dengan bobot keseluruhannya 132 kg. Sedangkan Honda PCX punya dimensi panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.105 mm dengan bobot sama yaitu 132 kg.

READ  10 Jenis Suspensi Mobil yang Umum Digunakan 2021

5. Varian Nmax vs PCX

Varian Nmax vs PCX

Perbedaan paling mencolok lain juga tertera jelas di pilihan varian yang ditawarkan. Jika melihat perbedaan pada sisi ini, maka Honda PCX bisa kami katakan jauh lebih unggul. Sebab selain menyediakan varian Honda PCX CBS, Honda PCX ABS ada satu lagi varian unggulannya.

Yakni Honda PCX eHEV yang merupakan varian motor matic hybrid dengan adanya bekalan dapur pacu motor bensin dan motor listrik. Sedangkan pada Yamaha Nmax hanya tersedia varian Yamaha Nmax Standar, Yamaha Nmax ABS dan Yamaha Nmax Connected.

6. Harga Yamaha Nmax vs Honda PCX

Harga Yamaha Nmax vs Honda PCX

Kemudian perbedaan lain antara Yamaha Nmax dan juga Honda PCX juga bisa kita lihat dari sektor harga penjualannya. Secara keseluruhan dengan mesin berkapasitas kecil, Yamaha Nmax bisa kami katakan lebih unggul.

Karena jika melihat harga pasaran Honda PCX terbaru saat ini, bisa dibilang banderolnya tergolong mahal untuk beberapa variannya. Meskipun ada juga satu tipe yang punya harga lebih murah dan terjangkau dari Yamaha Nmax.

Berikut tabel perbedaan harga Yamaha Nmax vs Honda PCX:

Yamaha NmaxHonda PCX
PCX 160 CBS Rp 30.845.000NMax 155 Standard Rp 30.200.000
PCX 160 ABS Rp 34.445.000NMax 155 Connected Rp 31.450.000
PCX Hybrid Rp 43.650.000NMax 155 Connected ABS Rp 34.300.000

7. Fitur Keselamatan

Fitur Keselamatan

Perbedaan berikutnya antara Yamaha Nmax dan Honda PCX generasi terbaru yakni ada pada sisi fitur keselamatan. Yang mana pada bagian ini Yamaha Nmax masih tetap unggul karena memiliki fitur pengereman dengan sistem dual channel ABS (Anti-Lock Braking System) di kedua rodanya.

Sementara untuk Honda PCX hanya memanfaatkan fitur serupa yakni ABS (Anti-Lock Braking System) hanya pada roda depan saja. Sementara roda belakang hanya dilengkapi rem cakram / disc brake biasa. Jika ingin mendapat fasilitas keamanan super lengkap maka Yamaha Nmax pilihannya.

8. Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi Bahan Bakar

Perbedaan menarik antara Yamaha Nmax dan Honda PCX juga ada di pemakaian bahan bakarnya. Dari data yang otoflik peroleh. Diketahui dengan jarak tempuh sama, rata-rata konsumsi BBM Honda PCX jauh lebih unggul dibandingkan Yamaha Nmax meskipun kapasitas mesinnya lebih besar.

Hal tersebut tidak terlepas adanya pemakaian teknologi eSP+. Adapun hasil dari data pengujian pemakaian bahan bakar ini dapat kalian lihat pada tabel berikut ini:

Jarak TempuhKonsumsi Bahan Bakar
13 km30,5 km/liter
13 km31,5 km/liter

Penjualan Yamaha Nmax VS Honda PCX

Penjualan Yamaha Nmax VS Honda PCX

Selain melihat beberapa data perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX di atas. Ternyata perbedaan lain juga bisa kita lihat dari sisi jumlah penjualan yang berhasil dilakukan dua pabrikan besar ini.

Jika melihat dari data yang ada, jumlah penjualan Yamaha Nmax vs Honda PCX dimenangkan oleh Yamaha Nmax. Karena dari data bulan Juni 2021 kemarin, Yamaha mampu menjual produknya sampai 24.875 unit. Sementara untuk Honda PCX hanya menyentuh angka 11.149 unit.

Akhir Kata

Dari detail perbedaan Yamaha Nmax dan Honda PCX di atas, tentu saja otoflik lebih condong memilih Yamaha Nmax. Meski dari beberapa sektor Honda PCX lebih unggul. Namun kembali lagi, tentu saja semua keputusan masih ada di tangan kalian.

Mau menjadikan Honda PCX atau Yamaha Nmax sebagai pilihannya. Cukup sekian informasi yang dapat otoflik.com rangkum dan sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi menarik dan membantu.

Tags: , , ,