Harga Yamaha Vino 2021 : Review, Spesifikasi & Fitur Unggulan 

Harga Yamaha Vino Rumor kerjasama Honda dan Yamaha untuk memproduksi sepeda motor spesial nampaknya baru-baru ini terealisasi-kan. Sebab mengutip dari berbagai sumber, diketahui dua pabrikan sepeda motor raksasa ini telah berhasil merilis satu produk kerjasama mereka dari jajaran motor matic.

Advertisements

Namun ekspektasi tentang spesifikasi unggulan dan juga fitur melimpah nampaknya perlu kita singkirkan lebih dulu. Karena kendaraan roda dua hasil kerjasama antara Yamaha dan Honda dengan nama “Yamaha Vino” ini akan lebih diperuntukkan bagi para bikers pemula. Sehingga spesifikasi yang disuguhkan pun tidak terlalu tinggi.

Yang menariknya, dijual dan dipasarkan untuk mengisi pasar di kelas matic. Perpaduan teknologi Yamaha dan Honda membuat hasil akhir Yamaha Vino benar-benar begitu maksimal bagi bikers yang baru bisa MENGENDARAI MOTOR serta baru mendapatkan SIM sebagai kelengkapan berkendara.

Advertisements

Secara konsep, motor matic hasil kerjasama Yamaha dan Honda memang sengaja dibuat standar dan tidak terlalu neko-neko. Hal tersebut diberikan untuk membuat Yamaha Vino tetap Safety saat dikendarai. Selain itu bentuk dan bobotnya pun tidak terlalu garang atau gahar.

Harga Yamaha Vino dari Review Spesifikasi dan Fitur

Melainkan Yamaha Vino ini dibalut dengan dimensi motor matic umum namun dibuat dengan konfigurasi simple. Sehingga bobot yang dibawanya pun sangat ringan. Nah seperti apa kiranya spesifikasi, fitur dan juga berapa harga Yamaha Vino yang merupakan hasil kerjasama Honda & Yamaha?.

Spesifikasi Yamaha Vino

Mesin
Tipe MesineSP, pendingin air
Kapasitas50 cc
Bore x Stroke38.0mm x 43.6mm
Power Maksimum3,3 hp @8.000 rpm
Torsi Maksimum4,1 Nm @6.000 rpm
TransmisiAutomatic CVT
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Rangka Bodi
Panjang X Lebar X Tinggi1666 x 629 x 1005 mm
Jarak Sumbu Roda
Tinggi Tempat Duduk713 mm
Jarak Terendah Ke Tanah
Berat81 kg
Kapasitas Tangki BBM
4.5 L
Kaki-Kaki
Tipe Suspensi DepanTelescopic fork 2.3-in travel
Tipe Suspensi BelakangSingle shock 2.1-in travel
Ukuran Velg10 inci
Ukuran Ban Depan90/90-10
Ukuran Ban Belakang
90/90-10
Tipe Rem Depan110 mm drum
Tipe Rem Belakang110 mm drum

Review Spesifikasi Yamaha Vino

Review Spesifikasi Yamaha Vino

Seperti yang sebelumnya otoflik singgung, motor matic yang dibuat dengan konsep Safety tinggi ini memang tidak begitu banyak aksen. Tujuan utamanya agar motor memiliki bobot ringan. Dan hal tersebut terbukti karena Yamaha Vino hanya punya bobot keseluruhan seberat 81 kg saja, jadi buat pemula tentu saja motor matic Yamaha Vino tidak terlalu berat.

Meski dibuat dengan bodi ringan, tetapi secara keseluruhan dimensi motor ini tetap sama seperti MOTOR MATIC pada umumnya. Dimana dari data yang otoflik dapat, Yamaha Vino punya dimensi 1.666 x 629 x 1.005 mm serta memiliki tinggi jok sekitar 713 mm. Alhasil motor ini pun dipastikan dapat digunakan dengan mudah meskipun oleh bikers baru.

READ  Harga All New Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : Review & Spesifikasi

Di lain sisi, sepeda motor jeniss matic yang lebih dirancang dan diperuntukkan bagi para pelajar, wanita serta bikers baru ini pun tetap menampilkan kesan elegan dan fashionable. Karena secara keseluruhan bisa dibilang desain utamanya masih sama seperti Yamaha Fino yang kita kenal di negara kita Indonesia.

Desain Yamaha Vino

Advertisements

Punya desain headlamp membulat dan dibuat lebih menonjol kedepan, seakan menjadi ciri khas Yamaha Vino. Tepat dibagian bawah headlamp tersebut, terdapat dua buah lampu sein terpasang di sisi kanan dan kirinya. Sayangnya dengan harga Yamaha Vino yang mahal, semua lampu pada motor ini belum memakai LED melainkan masih bohlam.

Walaupun begitu, visibilitas penerangan yang diberikan akan tetap maksimal untuk membantu pengendara ketika mengendarai motor Vino di malam hari. Sementara dibagian belakang, sebanding dengan harga Yamaha Vino yang diberikan, terdapat stoplamp yang juga dibuat lebih menonjol dengan diapit oleh dua lampu sinyal belok.

Kesan minimalis namun elegan pun terlihat dari sisi samping. Dimana semua body yang diberikan tidak memperlihatkan lekukan ataupun garis tajam. Bahkan hanya terdapat emblem “VINO” dibagian body sisi belakang yang di percantik adanya garis dengan warna kombinasi sesuai dengan warna dasarnya.

Kemudian untuk detail jok, Yamaha dan Honda sepakat tetap menggunakan desain jok standar. Dengan tujuan agar rasa nyaman dan aman dalam berkendara tetap terjaga. Kemudian tepat di bagian bawah jok, setara harga Yamaha Vino, ada pula bagasi berkapasitas 20 liter, sehingga barang bawaan akan lebih mudah dibawa.

Tampak Depan Yamaha Vino

Jika Yamaha lebih terjun pada sektor desain dan juga tampilan, tidak dengan Honda. Karena pada kerjasama dua perusahaan sejak 2016 silam. Honda lebih diterjunkan untuk mengisi sektor dapur pacunya. Tidak heran jika melihat tabel spesifikasi Yamaha Vino di atas, kita akan bisa melihat adanya teknologi eSP pada mesinnya.

Yah, teknologi eSP atau Enhanced Smart Power merupakan teknologi mesin milik Honda yang di buat dan diperuntukkan agar pemakaian bahan bakar lebih irit. Adapun mesin yang dipakai memiliki kubikasi 50 cc. Loh-loh kenapa kapasitasnya kecil? karena Yamaha dan Honda lebih mendesain motor ini untuk pengguna motor baru seperti di awal otoflik.com singgung.

Dengan kubikasi mesin kecil tersebut, di atas kertas mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga atau power maksimal sebesar 3,3 hp pada putaran mesin 8.000 rpm. Sementara untuk torsi puncak yang didapat tersebut mencapai 4,1 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Dan semua tenaga yang dihasilkan akan didistribusikan memakai transmisi Automatic CVT.

Dapur Pacu Yamaha Vino

Kemudian untuk memberikan rasa nyaman dan aman disaat motor matic Yamaha Vino ini digunakan. Motor ini sudah dibekali sebuah suspensi berjenis Telescopic fork 2.3-in travel dibagian depan dan Single shock 2.1-in travel pada bagian belakang. Kedua suspensi tersebut akan menjadi kaki – kaki utama dari velg berukuran 10 inci yang dipakainya.

READ  Harga Yamaha R7 2021 : Review, Spesifikasi, Fitur & Warna

Dimana pada velg tersebut sudah tertanam sebuah ban berukuran 90/90-10 baik pada sisi depan ataupun belakangnya. Sementara untuk menjadikan kendaraan roda dua hasil kolaborasi antara Yamaha dan Honda ini memiliki keamanan maksimal.Maka ditanamkan lah sistem pengereman berjenis tromol di kedua sisinya.

Yah, dengan harga Yamaha Vino yang diberikan tersebut, tidak heran apabila sistem pengeramannya masih memakai tromol dan belum jenis cakram atau disc. Meski begitu Yamaha Vino tetap bisa memberi rasa aman karena mesin nya pun tidak dibuat untuk kebut-kebutan.

Fitur Unggulan Yamaha Vino

Fitur Unggulan Yamaha Vino

Dari penjelasan di atas, mungkin ada dari flikermania yang penasaran dengan apa saja fitur unggulan dari motor hasil kerjasama antara Yamaha dan Honda ini. Untuk itu sebelum membahas masalah harga, tidak ada salahnya kami sampaikan pula beberapa fitur unggulan yang ada pada Yamaha Vino dibawah ini.

Fitur pertama serta cukup menarik untuk dibahas tentu saja adanya teknologi  Enhanced Smart Power (eSP) pada mesin utamanya. Kenapa? karena dengan teknologi tersebut, Yamaha Vino bisa dibilang cukup irit pemakaian bahan bakar, apalagi kapasitas mesin nya pun hanya 50 cc.

Selain itu, fitur lain dari Yamaha Vino adalah Idling Stop Engine, sebuah teknologi milik Honda untuk membuat mesin akan berhenti secara otomatis dalam waktu 3 detik saat tidak ada tarikan tuas gas. Lalu ada pula spidometer kombinasi digital dan analog. Dan di bagian dek tengah, tersemat slot USB port charger berdaya 12V 1A.

Harga Yamaha Vino

Harga Yamaha Vino Terbaru

Selesai dengan urusan spesifikasi, fitur dan review seperti di atas otoflik jelaskan. Pertanyaan kalian mungkin berapa sih harga Yamaha Vino?. Seperti di atas kami sampaikan. Harga Yamaha Vino bisa dibilang cukup mahal.

Kenapa? Karena dari semua informasi di atas, di ketahui bahwa sepeda motor Matic hasil kolaborasi Yamaha dan Honda yang dipasarkan di Jepang ini ditawarkan dengan kisaran harga 203.500 Yen. Atau jika dirupiahkan hampir setara Rp 27 juta rupiah.

Padahal jika memiliki budget tersebut, mungkin akan lebih baik membeli motor YAMAHA AEROX atau jenis motor matic lain dari Honda seperti HONDA VARIO 150 atau lainnya.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan yang dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini terkait review, spesifikasi, fitur unggulan serta harga Yamaha Vino yang dirilis untuk pasar Jepang. Semoga apa yang telah kami singgung di atas bisa menjadi referensi kalian.

Advertisements

Harga Yamaha Vino

IDR 27000000
8.6

Performa

8.5/10

Eksterior

8.7/10

Interior

8.7/10

Keamanan

8.7/10

Kenyamanan

8.6/10

Kelebihan

  • Desain Simple & Fashionable
  • Mesin Super Irit
  • Bobot Sangat Ringan

Kekurangan

  • Belum Tersedia di Indonesia
  • Harga Tergolong Mahal
  • Masih Pakai Rem Tromol
Tags: , , ,