14 Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri Pada Tekanan Tinggi & Rendah

Cara Mengisi Freon AC Mobil – Ada banyak faktor yang membuat kenyamanan berkendara menggunakan mobil bisa didapat. Salah satunya adalah tersedianya sistem AC mobil sebagai sarana untuk menyejukan kabin saat melakukan perjalanan.

Sebagai salah satu faktor pendukung kenyamanan, AC mobil tentu juga harus dirawat dan dijaga kondisinya. Mengingat pada sistem ini, ada banyak sekali komponen AC mobil yang saling berhubungan untuk mensirkulasikan udara sejuk sampai ke ruang kabin.

Nah dari banyaknya komponen AC Mobil yang mungkin cukup berpengaruh terhadap udara dingin yang dihembuskan ke dalam ruang kabin adalah Freon. Dimana fungsi Freon dalam AC mobil sendiri sebagai sumber pendingin udara paling utama.

Dengan begitu, otomatis jika kondisi freon AC mobil habis atau kurang dari takaran yang seharusnya. Hembusan angin sejuk pada ruang kabin pun akan kurang. Nah jika sudah seperti itu, maka hal yang harus dilakukan yakni mengisi Freon AC Mobil.

Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri yang Benar

Proses pengisian Freon AC mobil sebenarnya dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Asalkan kalian tahu cara mengisi Freon AC mobil yang benar serta mengetahui jenis Freon AC mobil yang tepat untuk kendaraan kalian.

Alat Dibutuhkan

Alat Dibutuhkan

Membahas cara mengisi Freon AC mobil yang benar, untuk kalian yang ingin melakukan pengisian Freon AC mobil maka wajib dan harus menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk melakukan serangkaian proses pengisian Freon. Dan beberapa alat tersebut, antara lain:

  • Manifold Gauge (alat pengukur tekanan tinggi/rendah).
  • AC Leak Detector (alat untuk cek saluran AC mobil).
  • Quick Connect AC mobil.
  • Freon AC mobil baru sesuai jenis dan tipe AC mobil kalian.

Persiapan Mengisi Freon

Setelah mengetahui apa saja alat yang dibutuhkan untuk proses pengisian Freon AC mobil seperti otoflik.com sampaikan diatas. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum mengisi Freon AC mobil wajib dilakukan.

1. Pengosongan Sistem AC Mobil

Pengosongan Sistem AC Mobil

Langkah pertama sebelum masuk ke cara mengisi Freon AC mobil yang harus dilakukan yaitu pengosongan sistem AC mobil. Proses ini dilakukan untuk menguras atau membuang semua sisa freon AC mobil yang ada pada sistem AC mobil.

READ  15 Komponen AC Mobil dan Fungsinya Terlengkap 2021

Adapun proses pengosongan sistem AC mobil sendiri dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan memasang manifold gauge atau manometer gauge pada selang tekanan rendah atau tinggi. Setelah itu, cukup buka salah satu kran tekanan rendah dan tinggi pada manometer.

Tujuannya untuk membuat Freon AC mobil dapat keluar ke udara bebas melewati selang tengah manometer gauge tersebut. Nah pada tahap ini, kalian cukup tunggu Freon di dalam sistem AC habis dengan sendirinya. Biasanya hal ini ditandai dengan tekanan di kedua manometer “0”.

2. Pemvakuman AC Mobil

Pemvakuman AC Mobil

Persiapan kedua harus dilakukan untuk mulai mengisi Freon AC mobil yaitu pemvakuman. Proses ini harus dilakukan karena bertujuan untuk menghisap dan juga menghilangkan uap air yang terdapat di dalam sistem AC Mobil.

Adapun proses pemvakuman ini dilakukan setidaknya kurang lebih selama 15 menit agar semua uap air terdapat di dalam sistem AC benar-benar bersih. Atau jika menggunakan pompa vakum pastikan sudah berada pada  angka -20 psi atau sekitar 758.4 mmHg.

Alasan lain proses pemvakuman harus dilakukan juga untuk meminimalisir terjadinya pembekuan uap air di dalam sistem AC. Dimana hal ini akan membuat AC mobil tidak dingin, atau gagal fungsi.

3. Pelumasan AC Mobil

Pelumasan AC Mobil

Masuk ke persiapan berikutnya yaitu proses pelumasan, proses ini ditujukan pada bagian kompresor AC mobil. Mengingat setiap kali mengisi freon AC mobil wajib dan harus mengganti oli kompresor AC Mobil agar kinerja tetap terjaga.

Adapun dalam hal pelumasan kompresor AC mobil sendiri sebaiknya memakai jenis oli kompresor AC mobil berkualitas bagus. Dengan begitu terjadinya kerusakan pada komponen satu ini dapat diminimalisir. Namun pastikan juga bahwa proses atau prosedur cara ganti oli kompresor AC mobil tersebut sesuai dan benar.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Langkah Cara Mengisi Freon AC Mobil

Setelah semua rangkaian proses persiapan diatas telah selesai dilakukan, maka sampaikan kita pada tahap cara mengisi Freon AC mobil. Adapun proses pengisian Freon AC mobil dapat dilakukan dengan dua metode yakni metode saluran tekanan tinggi dan saluran tekanan rendah.

Saluran Tekanan Tinggi

Cara pertama untuk mengisi freon AC mobil yakni memanfaatkan saluran tekanan tinggi. Cara ini memungkinkan kita dapat melakukan pengisian Freon sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel.

Alasannya saat proses mengisi Freon, kompresor AC mobil tidak akan bekerja menekan komponen lain terutama zat pendingin yang masih dalam bentuk cair. Adapun langkah cara mengisi Freon AC mobil di saluran tekanan tinggi dapat dilakukan dengan langkah seperti berikut.

  1. Naikan terlebih dahulu tekanan freon AC mobil di bagian tabung dengan cara memanaskan Freon menggunakan alat khusus bernama Charging Station.
  2. Setelah tekanan freon meningkat, pastikan posisi AC mobil dalam kondisi OFF.
  3. Jika sudah posisikan juga kunci kontak dalam kondisi OFF atau sebaiknya lepas kunci dari kontak.
  4. Sampai disini, silahkan pasang alat bernama Manifold Gauge ke bagian saluran tekanan tinggi.
    Pasang Manifold Ke Saluran Tekanan Tinggi
  5. Jika sudah terpasang, silahkan posisikan kran Manifold Gauge yang berada di saluran tekanan tinggi tertutup dan dibagian saluran tekanan rendah terbuka.
    Posisikan Kran Manifold
  6. Sesudah itu, tuangkan Freon cair ke dalam sistem AC di mobil dengan cara membalik tabung Freon.
  7. Disini kalian cukup tunggu hingga posisi Freon sudah penuh dan proses mengisi Freon AC mobil pun selesai.
READ  √ Tekanan Freon AC Mobil Ideal : Bahaya & Cara Mengukur 2021

Saluran Tekanan Rendah

Selain metode diatas, cara mengisi freon AC mobil juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan saluran tekanan rendah. Namun cara ini perlu dilakukan oleh montir profesional mengingat cara ini mengharuskan pengisian dilakukan secara teliti. Nah langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Hidupkan mesin ke posisi ON serta pastikan ada pada posisi 2000 – 3000 rpm.
  2. Bila sudah, nyalakan temperatur AC ke posisi ON untuk temperatur maksimal.
  3. Pasang Manifold Gauge ke saluran Hisap / Suction.
    Pasang Manifold Gauge ke Saluran Sucton
  4. Buka kran tabung Freon dan pastikan kran saluran tekanan tinggi tertutup dan pastikan tabung Freon jangan kalian balik.
    Buka Kran Tabung Freon
  5. Setelah itu silahkan buka sedikit demi sedikit kran manifold gauge untuk saluran tekanan rendah agar Freon yang masuk adalah gas bukan cairan.
    Buka Kran Manifold
  6. Pastika jarum penunjuk pada alat ukur menunjukan angka tekanan rendah di kisaran 21 – 29 psi. Sementara saluran tekanan tinggi sekitar 200 – 213 psi dengan tujuan memastikan freon sudah penuh.
    Pastikan Jarum Penunjuk Manifold Gauge
  7. Jika semua proses di atas kalian lakukan, silahkan cek saluran AC mobil dengan menggunakan bantuan alat berupa AC Leak Detector.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya proses cara mengisi freon AC mobil yang kali ini dapat otoflik.com rangkum dan sampaikan. Pastikan semua langkah – langkah diatas kalian ikuti dengan benar jika ingin mengganti atau mengisi Freon AC mobil sendiri.

Tags: , , ,